logo


Sejumlah Jet Tempur Su-27 Rusia Berhasil Halau Dua Pesawat Militer AS di Laut Hitam

Rusia mengatakan bahwa pihaknya berhasil menghalau dua pesawat militer AS yang terbang diatas zona netral Laut Hitam

30 Juni 2020 11:30 WIB

Pesawat tempur milik Rusia
Pesawat tempur milik Rusia Al Jazeera

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Pusat Manajemen Pertahanan Nasional Rusia mengatakan bahwa pihak angkatan udara negara tersebut telah mengerahkan sejumlah pesawat tempur berjenis Sukhoi Su-27 untuk menghalau dua pesawat tempur milik tentara AS yang terbang diatas Laut Hitam pada Senin (29/6) lalu.

"Pada 29 Juni 2020, sejumlah anggota pertahanan udara Distrik Militer Selatan yag sedang bertugas telah mendeteksi dan melakukan pengawalan terhadap sebuah pesawat patroli jenis P-8A Poseidon milik Angkatan Laut AS dan pesawat RC-135 milik Angkatan Udara AS yang terbang di atas perairan netral di Laut Hitam," ujar pernyataan yang dikutip dari Sputnik pada Selasa (30/6).

Hal tersebut juga ditegaskan oleh pihak militer Rusia.


Kasus Covid-19 Naik, 129 Negara Dilarang Masuk ke Jepang

Sejumlah pesawat militer milik Amerika Serikat tersebut telah terdeteksi oleh peralatan radar Rusia dan berada tak jauh dari wilayah perbatasan negara Rusia. Mereka juga melaporkan bahwa kedua belah pihak, baik pesawat AS maupun Rusia tersebut tidak satu pun yang melanggar garis batas wilayah.

"Sejumlah pesawat tempur Rusia tersebut dikerahkan dengan mematuhi aturan kesepakatan internasional secara ketat," ujar Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan.

China Berhasil Temukan Vaksin Covid-19, Tapi Digunakan Khusus untuk Militer

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia