logo


Jokowi Jengkel, Posisi Nadiem Makarim Terancam

Riyanta berpandangan bahwa kinerja Nadiem Makarim belum terlihat, terlebih di masa pandemi Covid-19.

30 Juni 2020 06:00 WIB

Nadiem Makarim
Nadiem Makarim Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pakar intelijen Stanislaus Riyanta menyebut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim saat ini berada di ujung tanduk. Hal itu menyusul keinginan Presiden Joko Widodo untuk merombak kabinet jika memang diperlukan demi menyelamatkan rakyat Indonesia di tengah terpaan Covid-19.

Riyanta menilai ada beberapa faktor yang menentukan Nadiem bertahan sebagai menteri hingga akhir periode pemerintahan Jokowi. Salah satunya, daya tekan dari sejumlah pihak yang memiliki pengaruh.

"Nadiem Makarim ini pertentangannya luar biasa, tergantung tekanan. Kalau tekanannya tinggi, bisa jadi tidak aman," ujar Riyanta, sebagaimana dikutip dari Tagar, Selasa (30/6).


Gugus Tugas: Poin yang Sulit Dilakukan Adalah Jaga Jarak

Menurutnya, Nadiem adalah pertaruhan Jokowi. Sebab, biasanya Mendikbud dijabat oleh tokoh dari Muhammadiyah.

"Jokowi menunjuk Nadiem adalah lompatan cukup ekstrem. Menteri Pendidikan yang biasanya dijabat oleh senior, tokoh dari Muhammadiyah, kemudian tiba-tiba Nadiem. Ini pertentangannya luar biasa. Banyak sekali pertentangan terhadap Nadiem Makarim," jelas dia.

Selain pertentangan politik, Riyanta berpandangan bahwa kinerja Nadiem Makarim belum terlihat.

"Nadiem mau menjalankan program kerja, ternyata tiba-tiba ada pandemi Covid-19, terpaksa harus menjalani protokol kesehatan di bidang pendidikan, mau enggak mau," tukasnya.

Ketua MPR: Pemerintah Harus Awasi 3 Lokasi yang Berpotensi Jadi Penularan Covid-19

Halaman: 
Penulis : Iskandar
 
×
×