logo


Jokowi Ancam Reshuffle, PKS: Silahkan Diberhentikan dan Diganti. Bukan Malah Ngancem-ngancem

Pipin mengatakan bahwa lebih baik masalah internal kabinet tidak jadi konsumsi publik.

29 Juni 2020 16:08 WIB

Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo mengancam akan me-reshuffle menteri jika tidak ada progres yang signifikan dalam penanganan pandemi virus corona (Covid-19).

Juru bicara PKS, Pipin Sopian, menilai bahwa hal itu menunjukkan kelemahan Jokowi. Menurutnya, Jokowi mengeluh atas masalah di internal kabinet.

"Arahan Presiden Jokowi kepada seluruh anggota Kabinet Indonesia Maju terkait penanganan Covid-19 saat Sidang Kabinet Paripurna, di Istana Negara, Kamis, 18 Juni 2020 menunjukkan lemahnya kepemimpinan Presiden Jokowi dalam menangani krisis Covid-19," kata Pipin kepada wartawan, Senin (29/6).


Ngaku Pernah Diajak Nyapres, Rizal Ramli: Kalau Bayar Rp 1,5 Triliun Gak Sanggup

"Arahan Presiden Jokowi tersebut lebih banyak berkeluh kesah atas masalah di internal Kabinet yang hanya membebani psikologi masyarakat Indonesia," sambungnya.

Menurutnya, Jokowi harusnya memantau kebijakan menterinya setiap harinya.

"Jika Presiden memiliki sense of crisis seharusnya beliau fokus mengawal day by day kinerja menteri-menterinya yang ditugasi khusus menangani Covid-19. Bukan malah berkeluh kesah setelah berbulan-bulan di berikan arahan. Jadi naon atuh yang dikerjakan Presiden Jokowi kemarin-kemarin?" ujarnya.

Pipin menyebut keluh kesah justru membuat masyarakat khawatir. Ia menilai arahan Jokowi justru menunjukkan rapuhnya solidaritas Kabinet Indonesia Maju.

"Bukan cerita keluh kesah yang justru akan menimbulkan kekhawatiran masyarakat karena hanya menunjukkan sebuah pemerintahan yang lemah. Arahan Jokowi tersebut tergambar rapuhnya soliditas Kabinet Indonesia Maju. Bahkan sampai menyatakan misalnya dalam belanja kementerian bidang kesehatan, dari Rp 75 T yang dianggarkan, baru 1,53 persen yang dikeluarkan," jelasnya.

Jazuli Juwaini: PKS Diserang Karena Ada yang Panik

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata
 
×
×