logo


Dapat 92 Persen Suara, Gudni Johannesson Menang Mutlak di Pilpres Islandia

Presiden Gudni Johannesson kembali terpilih untuk periode berikutnya usai memenangkan pemilu Islandia dengan perolehan suara yang mencapai 92 Persen

29 Juni 2020 15:45 WIB

Presiden Islandia Gudni Johannesson
Presiden Islandia Gudni Johannesson istimewa

REYKJAVIK, JITUNEWS.COM - Presiden Islandia, Gudni Johannesson kembali memenangkan pemilihan presiden sehingga ia akan melanjutkan empat tahun periode kedua pemerintahannya.

Tak tanggung-tanggung, Gudni yang juga merupakan seorang profesor bidang sejarah tersebut mendapat kemenangan mutlak dengan 92 persen suara menurut hasil penghitungan suara akhir yang dirilis pada Minggu (28/6).

Pemilihan presiden Islandia tersebut merupakan pemilu kedua yang digelar oleh negara-negara anggota Uni Eropa usai mencabut kebijakan lockdown.


Elon Musk Sebut Tesla Tak Lagi Terima Subsidi dari Pemerintah AS

Sejak terjadinya krisis moneter pada 2008 silam, negara dengan penduduk 365 ribu tersebut telah berhasil mengembalikan stabilitas perekonomian dan politiknya.

Hasil penghitungan suara menunjukkan bahwa Gudni telah mendapat 92.2 persen suara dari 168,821 pemilih. Ia berhasil unggul dari kandidat presiden lainnya, Gudmundur Franklin Jonsson.

"Saya merasa bangga dan sangat terhormat," ujar Gudni kepada AFP di Reykjavik dikutip dari The Jakarta Post pada Senin (29/6).

"Hasil pemilu ini, bagi saya, membuktikan bahwa masyarakat Islandia telah puas atas apa yang telah saya lakukan di pemerintahan," tukasnya.

Trump Sebut New York Times Sebar Berita Palsu Soal Uang Imbalan Rusia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×