logo


PDIP Usul Ubah RUU HIP Jadi RUU PIP, PAN: Tetap Akan Mendapatkan Penolakan dari Masyarakat

Saleh mengusulkan agar pembahasan RUU HIP dihentikan karena menimbulkan kontrovers

27 Juni 2020 12:30 WIB

Anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay.
Anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay.

JAKARTA, JITUNEWS.COM - PDIP mengusulkan RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) dikembalikan namanya menjadi RUU Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP). Wakil Ketua Fraksi PAN DPR RI, Saleh Partaonan Daulay, khawatir pembahasan RUU HIP bisa menuai polemik.

"Saya khawatir, jika pembahasan terhadap RUU yang berkenaan dengan Pancasila dilanjutkan akan menimbulkan kecurigaan di kalangan masyarakat. Sebab, perdebatan terkait RUU HIP saja sudah memecah belah pikiran dan pandangan masyarakat. Kalau dilanjutkan dengan mengubah judul, dipastikan tidak akan menyelesaikan masalah. Malah sebaliknya, tetap akan mendapatkan penolakan dari masyarakat luas," kata Saleh kepada wartawan, Sabtu (27/6).

Saleh mengusulkan agar pembahasan RUU HIP dihentikan karena menimbulkan kontroversi.


PDIP Usul RUU HIP Berubah Jadi RUU PIP, Gerindra: Usulan Tersebut Belum Resmi

"Saya mendesak pembahasan seluruh RUU yang berkenaan dengan Pancasila harus dihentikan. Pasalnya, RUU sejenis jelas-jelas telah menimbulkan polemik, perdebatan, dan kontroversi. Pengalihan nama RUU dinilai tidak akan menghentikan polemik, perdebatan, dan kontroversi," katanya.

"Kalau hanya untuk sekedar mengatur tugas dan fungsi BPIP, cukuplah dengan perpres saja. Sejauh ini, tidak ada kendala. Kegiatannya sudah jalan. Kenapa diperlukan payung hukum lain dalam bentuk UU?" lanjut Saleh.

Menurutnya, pembinaan ideologi Pancasila diserahkan kepada MPR, BPIP, ormas, dan mata pelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah.

"Saran saya sederhana saja. Hentikan saja semua pembicaraan soal RUU yang berkenaan dengan Pancasila. Sebab, tanpa itupun pembinaan ideologi Pancasila sudah berjalan dengan baik. Penolakan terhadap lahirnya RUU HIP adalah bukti keberhasilan Pancasila telah membumi dan berakar di tengah-tengah masyarakat. Masyarakat tidak mau ada yang menyentuh dan mengaburkan nilai-nilai luhur yang ada di dalam Pancasila," ujar Saleh.

PDIP Usul RUU HIP Jadi RUU PIP, PKB: Nanti Saja Setelah Masalah Covid Berakhir

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata
 
×
×