logo


Ada Makhluk Hidup yang Tinggal di Tubuh Manusia dalam Jumlah Banyak, Apa Saja?

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa ada makhluk hidup yang tinggal dalam tubuhnya

27 Juni 2020 13:45 WIB

menggaruk karena gatal
menggaruk karena gatal detikHealth

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Banyak orang yang tidak menyadari bahwa ada makhluk hidup yang tinggal dalam tubuh manusia. Bahkan makhluk itu berjumlah triliunan.

Apa saja?

1. Kutu air


Suka Bicara Sendiri? Ini Dampaknya

Kutu air yang melekat di kaki, bawah kuku, dan area kulit lainnya. Kutu air atau jamur kaki atlet yang disebabkan oleh Trichophyton dan Epidermophyton adalah mikroba parasit yang melekat di kaki telanjang saat berada di tempat umum. Spesies ini dapat merayap di bawah kuku kaki sehingga memicu kurap atau kutu air.

2. Vaginal Flora

Bakteri vaginal flora menguntungkan bagi tubuh, terutama bagi keluarga Lactobacillus. Bakteri ini berada di vagina dan mengeluarkan asam laktat dan menangkis spesies cendawa patogen yang tidak bersahabat.

3. Firmicutes dan Bacteroides

Ada 500 spesies bakteri seberat 15 kg yang hidup di usus manusia. Mayoritas spesies ini berasal dari salah satu dari dua filum, yaitu Firmicutes dan Bacteroides.

Mereka memecah karbohidrat dan membuat nutrisi penting seperti vitamin K dan B12. Mereka juga bisa mengusir bakteri berbahaya.

4. Human Papillomavirus (HPV).

Ada lebih dari 100 jenis HPV yang bisa menginfeksi manusia. Mereka menyebabkan kutil biasa hingga kutil plantar dan datar. Ada 30 HPV yang bisa ditularkan secara seksual.

5. Kutu Rambut

Serangga datar kecil dan tidak bersayap ini mengisap darah dan bertelur di rambut manusia.

 

Benarkah Kuku dan Rambut Orang Meninggal Masih Tumbuh?

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata