logo


Outlet Ditutup Akibat Pandemi, Pendapatan Nike Turun 38 Persen

Dalam laporan keuangan yang dirilis oleh Nike, pendapatan mereka mengalami penurunan hampir 40 persen akibat ditutupnya sebagian besar outlet di seluruh dunia

26 Juni 2020 17:00 WIB

Outlet Nike
Outlet Nike reuters

NEW YORK, JITUNEWS.COM - Perusahaan pakaian olahraga asal Amerika Serikat, Nike, melaporkan telah mengalami penurunan pendapatan hingga hampir mencapai 40 persen pada kuartal pertama tahun 2020 ini karena adanya situasi pandemi Covid-19.

"Pendapatan NIKE menurun 38 persen menjadi USD 6.3 Miliar....karena outlet di seluruh Amerika Utara, EMEA (Eropa, Timur Tengah, dan Afrika) dan APLA (Asia Pasifik dan Amerika Latin) ditutup akibat adanya Covid-19," ujar Nike dalam laporan finansial yang mereka rilis pada Kamis (25/6).

Dalam laporan keuangan tersebut, Nike juga mencatat adanya kerugian hingga USD 790 juta, dimana keuntungan kotor yang mereka dapatkan juga mengalami penyusutan akibat tingginya biaya operasional yang diakibatkan dari adanya sejumlah pembatalan, penyusutan barang, dimana biaya supply chain yang tetap.


Pasukan Irak Serang Markas Kelompok Militan Hizbullah di Baghdad

Terlepas dari hal tersebut, Nike sebenarnya masih mencatatkan adanya peningkatan keuntungan untuk pasar Tiongkok yang mencapai 8 persen.

Seperti yang diketahui, pandemi Covid-19 juga berdampak buruk terhadap berbagai sektor ekonomi global. Virus Sars-Cov-2 bahkan berhasil membuat Amerika Serikat kehilangan lebih dari 40 juta lapangan pekerjaan. Jumlah angka pengangguran itu merupakan salah satu yang terburuk sepanjang berdirinya negara tersebut.

IMF Sebut Gelombang Kedua Covid-19 Bikin Pertumbuhan Ekonomi Global 0 Persen

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×