logo


PPDB Berdasar Usia Tuai Kritikan, Kadisdik DKI Beri Pilihan Ini

Kadisdik menegaskan masih ada jalur prestasi akademik

26 Juni 2020 13:43 WIB

Serka Ali Sadikin yang bertindak sebagai motivator memberikan wejangan dan mendorong kepada siswa agar lebih giat belajar agar pada saat ujian
Serka Ali Sadikin yang bertindak sebagai motivator memberikan wejangan dan mendorong kepada siswa agar lebih giat belajar agar pada saat ujian

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Sejumlah orang tua murid yang tergabung dalam Gerakan Emak dan Bapak Peduli Pendidikan dan Keadilan (Geprak) menggelar unjuk rasa di depan Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (23/6/2020). Mereka memprotes sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang menggunakan seleksi umur. Para orang tua khawatir tidak bisa mendaftarkan sekolah anaknya karena sistem tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana menegaskan masih ada jalur prestasi akademik pada seleksi PPDB 2020. Oleh karena itu, ia meminta kepada orang tua murid agar tidak khawatir.

"Jadi kalau belum keterima di (jalur) zonasi karena usia, bisa mendaftar di (jalur) prestasi (akademik)," kata Nahdiana melalui konferensi pers di Kantor Disdik DKI Jakarta, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (26/6/2020).


Demo PPDB Pakai Usia, Orang Tua Murid Geram: Anak Saya Pinter Jadi Sia-sia Kalah Sama Umur

Nahdiana mengatakan bahwa jalur prestasi akademik akan dibuka pada tanggal 1 sampai 3 Juli 2020. Jalur prestasi akademik menempati 20 persen kuota dari seluruh daya tampung sekolah.

Ia juga berjanji akan memprioritaskan jalur prestasi akademik. "Sistem seleksi mengutamakan nilai akademis yang akan diurutkan, diperingkatkan seusai daya tampung," jelasnya.

Soroti Polemik PPDB DKI Berdasar Usia, Golkar: Diskriminatif dan Tidak Berkeadilan!

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati