logo


Soal Penanganan Covid-19, Fahri Hamzah Minta Jokowi Fungsikan Ma'ruf Amin

Eks Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah meminta Presiden Jokowi segera memfungsikan Wakil Presiden Maruf Amin demi membantu mengatasi Covid-19.

26 Juni 2020 05:00 WIB

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Maruf Amin.
Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Maruf Amin. Jitunews/Latiko A.D

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Eks Wakil Ketua DPR RI periode 2014-2019, Fahri Hamzah meminta Jokowi segera memfungsikan Wakil Presiden Maruf Amin untuk menggerakkan agama sebagai institusi sosial agar bisa ikut membantu penanganan Covid-19.

"Ia (Maruf Amin) harus nampak membantu bapak dalam melihat peran penting agama. Kita kerahkan segala tenaga untuk melawan musuh, bukan untuk melawan bangsa sendiri," kata Fahri Hamzah dalam akun Instagramnya @fahrihamzah, Kamis (25/6).

Mulanya, Fahri meminta Jokowi mengusahakan persatuan. Sebab, ujar dia, persatuan merupakan alasan Jokowi memilih Maruf Amin sebagai Wakil Presiden karena dinilai rakyat sebagai pasangan sempurna.


Jokowi: Banyuwangi Adalah yang Paling Siap Menuju Normal Baru

Menurutnya, negara bisa memiliki UU dan uang. Akan tetapi, agama mempunyai kitab suci dan ketaatan. Oleh karena itu, semuanya harus menjadi kekuatan seperti para pendiri bangsa dahulu menaruh sila pertama pada dasar negara, Pancasila.

"Jadi, Pancasila adalah alat pemersatu bangsa, bukan alat persengketaan," jelas Fahri.

Lebih lanjut, Fahri mempertanyakan keberadaan Maruf Amin yang juga merupakan Ketum MUI. Diketahui Maruf telah dinonaktifkan dari jabatan tersebut setelah terpilih jadi Wapres.

"Lalu di mana ketua MUI Kyai Maruf yang sampai sekarang masih menjabat? Kenapa senyap? Kenapa kita tak kunjung bersatu? Kenapa kita tidak fokus saja selesaikan krisis kesehatan, lalu krisis ekonomi yang menghadang? Apakah kita sengaja menyongsong krisis sosial dan politik?," tegasnya.

Jokowi Beri Target 2 Minggu Kasus Covid-19 di Jatim Turun, Risma: Kita Kerja Mulai Kemarin-kemarin

Halaman: 
Penulis : Iskandar
 
×
×