logo


Kiat Sukses Bertanam Bunga Dahlia Dalam Pot

Gunakan pot berukuran besar, menngingat bunga dahlia adalah tanaman menahun.

25 Juni 2020 13:33 WIB

Bunga Dahlia
Bunga Dahlia Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Bunga dahlia adalah tanaman hias yang cukup populer di Indonesia. Tanaman hias berpohon perdu ini berasal dari Meksiko.

Bunga Dahlia yang kita kenal sekarang terdiri dari ratusan kultivar. Sebagian besar varietas tanaman Dahlia menghasilkan bunga yang warnanya cerah dan mempesona, sehingga Dahlia merupakan komoditas penting bagi industri bunga potong dan tanaman pot.

Bunga dahlia diperbanyak menggunakan umbi atau biji. Jika Anda tidak mau repot, bunga dahlia banyak dijual dalam kondisi siap tanam di toko online.


Tips Ternak Lele di Kolam Terpal

Bertanam bunga dahlia dalam pot cukup mudah. Hal yang harus diperhatikan bunga Dahlia membutuhkan sinar matahari penuh dan tumbuh paling baik di tanah yang subur dengan drainase yang baik.

Gunakan pot berukuran besar, menngingat bunga dahlia adalah tanaman menahun. Isi pot dengan media tanam berupa sekam dan pupuk kandang dengan komposisi 6:1.

Tanam bibit bunga dahlia tepat di tengah pot. Beri pancang tanaman karena jika tanaman tersebut sudah besar. Dahlia akan membutuhkan topangan nanti di musim tumbuh. Ketika dahlia tumbuh, Anda dapat mengikat batangnya ke tiang pancang dengan selang nilon atau selotip kebun.

Penyiraman bunga dahlia harus memperhatikan kondisi tanah, jangan sampai media tanam bunga dahlia terlalu basah karena akan membuat mudah membusuk di tanah yang terlalu sering disiram.

Pemupukan dilakukan dengan menggunakan pupuk rendah nitrogen sekali per bulan, setelah dahlia mencapai tinggi 2 sampai 4 inci (5 sampai 10 cm). Hindari pemupukan berlebihan, karena dahlia dapat sensitif terhadap ini.

Waspadai kutu daun dan tungau laba-laba. Anda dapat menyemprot tanaman dahlia dengan insektisida untuk mencegah hama.

Mudah bukan bertanam bunga dahlia, selamat mencoba sahabat jitu.

Tips Menanam Pepaya California

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar
 
×
×