logo


Gara-gara AC, Keluarga 'Bunuh' Pasien Covid-19 di Ruang Isolasi

Seorang pasien Covid-19 di salah satu rumah sakit di India meninggal dunia usai keluarga yang menjenguknya mencabut sumber daya ventilator agar mereka bisa menyalakan AC

24 Juni 2020 19:30 WIB

Ventilator
Ventilator voi.id

MUMBAI, JITUNEWS.COM - Seorang pasien yang diduga terinfeksi virus Corona Covid-19 di India meninggal dunia usai keluarganya mencabut sumber listrik alat bantu pernafasan, ventilator, sehingga mereka bisa menyalakan alat pendingin udara AC. Kejadian tersebut terjadi di Rumah Sakit Maharao Bhimsingh di wilayah Rajasthan, India bagian utara.

Pasien 40 tahun tersebut datang ke rumah sakit karena mengalami kesulitan bernafas sehingga petugas terpaksa memasangkan ventilator dan menempatkannya di ruangan isolasi pasien Covid-19.

Pasien tersebut tewas saat keluarga yang menjenguknya secara tidak sengaja mencabut aliran listrik sehingga mereka bisa menyalakan alat pendingin udara yang mereka bawa untuk mengatasi suhu udara yang panas.


Rusia Sebut Pihak Asing Tidak Diperlukan untuk Selesaikan Konflik China-India

Dilansir dari Daily Mail pada Rabu (24/6), alat ventilator tersebut sebenarnya masih bekerja selama 30 menit sebelum akhirnya kehabisan daya baterai.

Salah satu anggota keluarga tersebut kemudian melapor kepada petugas medis yang sedang berjaga. Petugas tersebut langsung memberikan bantuan CPR sebelum akhirnya menyatakan bahwa pasien tersebut telah meninggal dunia. Setelah hasil tes Covid-19 keluar, pasien itu dinyatakan negatif.

Sejauh ini, masih belum diketahui bagaimana keluarga bisa menjenguk pasien yang ditempatkan dalam ruang isolasi. Keluarga pasien tersebut membawa alat pendingin udara karena pihak rumah sakit sengaja mematikan AC untuk mencegah penyebaran virus Corona Covid-19. Untuk diketahui, suhu udara di wilayah tersebut mencapai 41 derajat Celcius.

 

Enam Karyawan Kantor Pos di Jerman Masuk RS Usai Terima Paket Misterius

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia