logo


Rusia Sebut Pihak Asing Tidak Diperlukan untuk Selesaikan Konflik China-India

Rusia menyebut konflik India dan China yang memperebutkan wilayah perbatasan dapat diselesaikan oleh kedua negara sendiri

24 Juni 2020 18:15 WIB

Pasukan India dan China di wilayah perbatasan
Pasukan India dan China di wilayah perbatasan istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov pada Selasa (23/6) menyatakan bahwa konflik antara China dan India terkait wilayah perbatasan tidak membutuhkan mediasi dari pihak ketiga.

"Saya tidak berpikir bahwa India dan China tidak membutuhkan bantuan khususnya terkait penyelesaian konflik....segera setelah insiden di wilayah perbatasan terjadi, mereka langsung menggelar pertemuan, baik pihak militer maupun kementerian luar negeri. Yang saya ketahui, kontak (India-China) tersebut masih terus berjalan," ujar Lavrov dikutip dari Sputnik pada Rabu (24/6).

Pada pertengahan Juni lalu, militer China dan India terlibat dalam sebuah bentrokan di Lembah Galwan di sebelah barat pegunungan Himalaya. Akibatnya, dua puluh anggota pasukan militer Inida tewas.


Pakar: Virus Sars-Cov-2 Mampu Membuat AS Bertekuk Lutut

Saat China menuduh militer India telah secara ilegal memasuki wilayah perbatasan mereka dan melakukan provokasi, New Delhi mengatakan bahwa bentrokan terjadi akibat China secara sepihak mencoba untuk merubah kesepakatan mengenai wilayah perbatasan India-China.

Pada Senin (22/4), kedua negara dikabarkan telah menggelar pertemuan untuk membahas masalah tersebut pada level komandan militer, dimana kedua belah pihak sepakat untuk tidak melanjutkan konflik itu.

Terobos Pos Pemeriksaan, Seorang Pria Palestina Ditembak Mati oleh Polisi Israel

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia