logo


Covid-19; Beberapa Pekan ke Depan Menjadi Waktu yang Kritis bagi AS

Dr Anthony Fauci menyebut AS akan menghadapi masa-masa kritis pandemi Covid-19 pada beberapa pekan mendatang

24 Juni 2020 16:00 WIB

Patung Liberty
Patung Liberty istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Pakar penyakit menular Amerika Serikat, Dr Anthony Fauci mengatakan bahwa vaksin Covid-19 kemungkinan akan tersedia pada akhir tahun ini atau awal tahun 2021 mendatang. Namun, ia memperingatkan bahwa beberapa pekan ke depan merupakan waktu yang sangat kritis bagi AS dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19.

Ia menyatakan akan tetap meningkatkan jumlah tes pemeriksaan Covid-19 di seluruh AS meskipun Trump menginstruksikan untuk memperlambatnya. Trump menyebut meningkatnya jumlah kasus Covid-19 di AS disebabkan karena tingkat pemeriksaan yang tinggi.

"Kita akan melakukan tes pemeriksaan lebih banyak lagi," ujar Fauci pada Selasa (23/6) dikutip dari Al Jazeera pada Rabu (24/6).


Kim Jong-un Hentikan Rencana Aksi Militernya Terhadap Korea Selatan

"Wabah telah menghantam kita dengan sangat keras," imbuhnya.

Fauci mengaku sangat khawatir terkait adanya peningkatan jumlah kasus yang sangat signifikan di beberapa negara bagian AS usai pemerintah melonggarkan kebijakan lockdown.

"Beberapa pekan ke depan akan menjadi saat yang krusial bagi kemampuan kita untuk menangani laju peningkatan kasus Covid-19," kata Fauci.

Usai mencabut kebijakan lockdown, pada pekan lalu setidaknya dua puluh lima negara bagian AS diketahui telah melaporkan adanya peningkatan jumlah kasus Covid-19 yang lebih tinggi daripada pekan sebelumnya. Sepuluh negara bagian diantaranya bahkan melaporkan jumlah kasus yang terjadi di wilayah mereka mengalami peningkatan hingga 50 persen, sementara 12 lainnya melaporkan adanya rekor baru jumlah peningkatan kasus.

Puluhan Anggota Partai Republikan Dukung Joe Biden Menangi Pilpres AS

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia