logo


Sebut Pemilu Saat Ini Lebih Baik dari Orde Baru, Mahfud MD: Ya Meskipun Ada Curangnya

Mahfud MD sebut pemilu saat ini mengalami banyak kemajuan

24 Juni 2020 09:10 WIB

Mahfud MD
Mahfud MD voi.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan bahwa demokrasi saat ini lebih baik ketimbang pada masa orde baru. Saat ini pemilu sudah mengalami banyak kemajuan, termasuk salah satunya terkait adanya lembaga pengawasan.

"Generasi yang sebaya saya atau di bawah dikit itu paham bahwa ini adalah suatu kemajuan luar biasa. Sebab generasi sebelumnya tidak ada pengawas tapi harus milih partainya pemerintah," kata Mahfud Md di Gedung Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (23/6/2020).

Mahfud menyampaikan bahwa pada saat orde baru tidak ada pengawasan yang cukup berarti. Bahkan, selama 32 tahun hanya ada dua persidangan terkait sengketa pemilu.


Awal Covid-19 di Indonesia, Mahfud: Kita Kaget

"Padahal kecurangan pada waktu itu masif sekali," ujarnya,

Ia juga menyampaikan perbedaan yang paling mencolok antara pemilu saat ini dengan pemilu masa orde baru. Dimana pada masa orde baru tidak ada lembaga survei yang akan memprediksi hasil pemilu sebagaimana yang terjadi saat ini. Meskipun ada lembaga survei pasti akan selalu pro pemerintah.

"Seperti Pak Jokowi dan Pak Prabowo itu kan enam bulan sebelumnya orang sudah tahu kira-kira 55 banding 45. Meskipun ada curangnya, ya itu sudah dihitung dengan curang sebelumnya," lanjutnya.

Tegaskan Pemerintah Tak Bisa Cabut Pembahasan RUU HIP, Mahfud MD: Itu kan DPR yang Usulkan

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati
 
×
×