logo


Beijing Beri Ancaman pada Washington Terkait Pembatasan Media China di AS

Pemerintah China mendesak AS untuk menghentikan aksi mereka dalam membatasi media China di AS

23 Juni 2020 17:30 WIB

berita internasional

BEIJING, JITUNEWS.COM - Pemerintah Amerika Serikat pada Senin (22/6) telah memasukkan empat kantor berita China yang berada di AS dalam daftar organisasi yang dianggap memiliki misi luar negeri yang merupakan corong dari pemerintahan Beijing dan Partai Komunis. Langkah tersebut tentunya membuat hubungan AS-China semakin memburuk.

"Partai Komunis (China) tidak hanya melakukan kendali operasional atas lembaga-lembaga penyebar propaganda, namun memiliki kendali penuh terkait isi konten," ujar Asisten Sekretaris Negara AS untuk kawasan Asia Pasifik David Stilwell dikutip dari Al Jazeera pada Selasa (23/6).

"Misi luar negeri mereka tampak jelas dalam meningkatnya transparansi dari aktifitas propaganda pemerintah China di Amerika Serikat," imbuhnya.


Perancis Tak Bisa Tolerir Peran Turki dalam Konflik Libya

AS juga melakukan aksi serupa pada sejumlah media Rusia selama perang dingin yang terjadi lebih dari beberapa dekade lalu.

Aksi AS terhadap media China tersebut mendapat tanggapan dan ancaman dari Beijing.

"China akan merespon jika Washington tidak segera menghentikan aksi yang menargetkan organisasi media China yang beroperasi di AS," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian.

China Peringatkan Taiwan untuk Tak Ikut Campur Masalah Hong Kong

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia