logo


China Peringatkan Taiwan untuk Tak Ikut Campur Masalah Hong Kong

China mengingatkan keputusan Taiwan untuk menampung para demonstran Hong Kong akan membahayakan rakyat mereka sendiri

23 Juni 2020 16:00 WIB

Ribuan warga Hong Kong turun ke jalan. Mereka malakukan aksi demonstrasi menolak UU baru yang akan dikeluarkan oleh pemerintah China daratan kepada Hong Kong
Ribuan warga Hong Kong turun ke jalan. Mereka malakukan aksi demonstrasi menolak UU baru yang akan dikeluarkan oleh pemerintah China daratan kepada Hong Kong istimewa

TAIPEI, JITUNEWS.COM - Keputusan Taiwan untuk memberikan perlindungan pada para demonstran Hong Kong yang menolak diterapkannya Undang-Undang Keamanan Nasional baru oleh China, mendapat kecaman dari otoritas Beijing.

Dalam sebuah pernyataan pada Jumat akhir pekan lalu, Otoritas Beijing menyebut keputusan Taiwan untuk membantu para pengunjuk rasa yang melarikan diri ke Taipei membuat situasi Hong Kong semakin tegang.

"Menyediakan tempat penampungan dan layanan transportasi menuju pulau (Taiwan) kepada para perusuh dan semua pihak yang membuat Hong Kong dalam kondisi chaos hanya akan membahayakan rakyat Taiwan," ujar pernyataan tersebut dikutip dari Al Jazeera pada Selasa (23/6).


Arab Saudi Blokir Semua Kedatangan Jemaah Haji Internasional

Peringatan tersebut dikeluarkan sehari setelah Taiwan mengatakan akan bersedia membangun sebuah kantor untuk menangani masalah kemanusiaan dan layanan untuk masyarakat Hong Kong yang melarikan diri dari negaranya.

Kantor baru tersebut sedianya akan diresmikan pada 1 Juli mendatang, dimana tanggal tersebut bertepatan dengan kembalinya Hong Kong ke Pemerintah China daratan dari Inggris pada tahun 1997 silam.

Hubungan Taiwan dan China Daratan juga diketahui sedang memanas menyusul Beijing berniat untuk melakukan reunifikasi dengan Taipei. Mereka bahkan menawarkan adanya formulasi satu negara, dua sistem kepada Taiwan.

Perancis Tak Bisa Tolerir Peran Turki dalam Konflik Libya

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia