logo


Perancis Pulangkan Anak-anak Mantan Pejuang ISIS dari Suriah

10 anak-anak mantan pejuang ISIS yang berada di kamp Suriah dipulangkan ke Perancis

22 Juni 2020 21:00 WIB

Seorang wanita mantan pejuang ISIS yang berada di sebuah kamp di Suriah
Seorang wanita mantan pejuang ISIS yang berada di sebuah kamp di Suriah istimewa

PARIS, JITUNEWS.COM - Pemerintah Perancis dikabarkan telah memulangkan 10 anak-anak pejuang ISIS dari sebuah kamp penampungan di Suriah, sehingga total 28 anak telah dipulangkan dari negara tersebut. Sejak meletusnya perang Suriah, ratusan warga Perancis diketahui telah bergabung bersama ISIS yang berupaya untuk mendirikan sebuah negara kekhalifahan di Timur Tengah.

"Perancis telah memulangkan 10 orang anak-anak yang sebelumnya berada di sejumlah kamp penampungan di Suriah bagian utara," ujar pernyataan Kementerian Luar Negeri Perancis, dikutip dari Reuters pada Senin (22/6).

"Anak-anak yang kemudian diserahkan kepada otoritas pengadilan Perancis, telah mendapatkan penanganan medis," lanjutnya.


Asosiasi Pedagang India Desak Pemerintah Dukung Aksi Boikot Produk Buatan China

Kendati demikian, kementerian tersebut tidak menjelaskan detail keadaan para orang tua dari anak-anak itu.

Sebelumnya, sejumlah organisasi HAM mendesak pemerintah untuk segera mengevakuasi para anak-anak yang dibawa ke Suriah oleh orang tua mereka yang bergabung dengan ISIS, ataupun para anak-anak yang dilahirkan selama masa perang.

Sebagian besar 300-an anak-anak Perancis saat ini diketahui masih berada di sejumlah kamp penampungan di Suriah bersama dengan orang tua mereka.

 

China Sebut Kasus Spionase Dua Warga Kanada Tak Ada Hubungannya dengan Petinggi Huawei

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia