logo


Militer Korsel Siapkan Balasan atas Ancaman Korea Utara

Militer Korea Selatan menyatakan siap siaga untuk merespon aksi 'balasan' Korea Utara yang merencanakan penyebaran propaganda anti-Seoul

22 Juni 2020 16:45 WIB

Bendera Korea Selatan
Bendera Korea Selatan kumparan

SEOUL, JITUNEWS.COM - Rencana Korea Utara untuk melancarkan aksi balasan terkait penyebaran propaganda yang dilakukan oleh kelompok pembelot dari Seoul mendapat tanggapan dari militer Korea Selatan.

"Kami tengah melakukan pengawasan terhadap langkah yang akan diambil oleh militer Korea Utara terkait aksi penyebaran propaganda. Dalam persiapan untuk segala kemungkinan, (militer) kami akan selalu siaga," ujar Kim Jun-rak, juru bicara militer Korea Selatan dikutip dari Yonhap melalui Sputnik pada Senin (22/6).

Ia menegaskan bahwa Seol telah menyiapkan tindakan militer jika pesawat Korea Utara kedapatan memasuki zona demiliterisasi, yang merupakan sebuah pelanggaran terhadap kesepakatan milter kedua negara 2018 lalu.


India Sebut Setidaknya Ada 40 Pasukan China Tewas dalam Insiden Bentrokan di Wilayah Perbatasan Pekan Lalu

Menurut seorang sumber dari pihak militer Korsel, Angakatan Udara Korea Selatan saat ini tengah bersiap untuk menerjunkan pesawat nirawak (drone) mereka setidaknya pada awal Juli untuk merespon ancaman Korea Utara.

Sementara itu, KCNA, media milik pemerintah Korea Utara melaporkan bahwa pihak Pyongyang siap untuk merilis 3000 balon udara dan 12 ribu sebaran pamflet yang berisi propaganda anti-Seoul sebagai aksi balasan terhadap penyebaran propaganda pada pembelot Korea Utara. Hal tersebut tentunya akan memprovokasi pihak Korea Selatan.

 

Korea Utara Siapkan Balasan untuk Korea Selatan atas Aksi Penyebaran Propaganda

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia