logo


Firli Bahuri Diadukan ke Dewas KPK Gara-gara Hal Ini

Firli diduga melanggar etik karena tak memakai masker saat menemui anak-anak.

22 Juni 2020 12:52 WIB

Firli Bahuri
Firli Bahuri detikcom

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri diadukan ke Dewas KPK atas dugaan pelanggaran etik. Aduan tersebut dibuat oleh Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI).

Firli disebut melanggar etik lantaran tak mengindahkan aturan protokol kesehatan Covid-19, di antaranya saat menemui masyarakat tanpa mengenakan masker. Hal itu terjadi ketika dirinya melakukan kunjungan dinas ke Baturaja, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, pada Sabtu (20/6) lalu.

"Bahwa dalam suatu kesempatan Firli bertemu atau berjumpa dengan puluhan anak namun Firli tidak memakai masker dan berdekatan jaraknya dengan anak-anak tersebut sehingga melanggar protokol COVID-19," ujar Koordinator MAKI Boyamin Saiman, dikutip dari Tempo, Senin (22/6).


Prihatin Bintang Emon Difitnah, Novel Baswedan: Saya Harap Pelaku Segera Sadar dan Berhenti Bela Orang Zalim

MAKI juga melampirkan bukti berupa foto Firli Bahuri beserta istri dan anaknya dan foto Firli saat berdekatan dengan puluhan anak tanpa mengenakan masker.

Dalam aduan tersebut, MAKI meminta Dewas KPK menyelidiki dan menjatuhkan sanksi jika Firli terbukti melanggar etik.

Boyamin menilai Firli seharusnya memastikan dirinya melaksanakan protocol kesehatan Covid-19, salah satunya memakai masker sebelum melakukan pertemuan dengan anak-anak.

Dia menyebut pimpinan lembaga antirasuah itu semestinya paham bahwa anak-anak rentan terhadap penularan virus corona. Terlebih Firli yang berusia lebih dari 50 tahun sehingga berpotensi terjangkit Covid-19.

"Kedua pihak sama-sama rentan saling menularkan Covid-19," jelasnya.

Sebagai Perantara, Imam Nahrawi Minta Taufik Hidayat Ditetapkan Sebagai Tersangka

Halaman: 
Penulis : Iskandar
 
×
×