logo


Dexamethasone Diklaim Sebagai Obat Corona, dr Reisa Ingatkan Hal Ini

dr Reisa tegaskan bahwa dexamethasone tidak untuk obat corona

20 Juni 2020 07:44 WIB

Reisa Broto
Reisa Broto Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Obat dexamethasone banyak diperbincangkan oleh masyarakat. Pasalnya obat ini diklaim mampu menyembuhkan pasien corona. Hal tersebut bermula dari penemuan organisasi kesehatan dunia (WHO) yang mengatakan dexamethasone mampu mengurangi angka kematian karena corona.

Anggota tim komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro mengingkatkan bahwa penggunaan dexamethasone harus menggunakan resep dokter.

"Dexamethasone bekerja dengan cara mengurangi peradangan dan menurunkan sistem kekebalan tubuh sama seperti steroid yang dihasilkan tubuh secara alami," kata dr Reisa dalam konferensi pers yang disiarkan BNPB, Jumat (19/6/2020).


WHO Tidak Anjurkan Olahraga Pakai Masker, Begini Penjelasannya

Meskipun harga dexamethasone sangat tejangkau, namun masyarakat tidak bisa asal mengkonsumsi. Penggunaan dexamethasone dalam jangka waktu yang lama tidak dapat diberhentikan begitu saja.

"Meskipun harga terjangkau, selalu konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan obat ini agar tidak terjadi efek samping terutama jika memiliki alergi pada makanan, obat, dan bahan lain," ujarnya

Hindari Ketergantungan, BIN Sebut Indonesia Harus Berani Buat Obat Covid-19 Sendiri

Halaman: 
 
×
×