logo


Konflik Perbatasan dengan China Memanas, AU India Beli 33 Unit Jet Tempur dari Rusia

Angkatan Udara India dikabarkan akan segera membeli 33 unit pesawat tempur dari Rusia ditengah situasi konflik dengan China dalam perebutan wilayah perbatasan di pegunungan Himalaya

19 Juni 2020 11:00 WIB

Jet MiG-29
Jet MiG-29 istimewa

NEW DELHI, JITUNEWS.COM - India dan Rusia diketahui telah melakukan negosiasi dalam pembelian pesawat tempur jenis MiG-29 dan Su-30MKI yang telah dimulai sejak tahun 2019 lalu.

Kini, Angkatan Udara India (IAF) dikabarkan telah memutuskan untuk membeli 33 pesawat tempur dari Rusia ditengah situasi darurat menyusul adanya ketegangan di wilayah perbatasan India-China belakangan ini. Seorang sumber dari pemerintah India mengungkapkan bahwa IAF telah mengirimkan proposal persetujuan kepada Kementerian Pertahanan India terkait pembelian 21 pesawat MiG-29 dan 12 unit jet Su-30MKI dari Rusia.

"Angkatan Udara telah merencanakan hal itu sejak beberapa waktu yang lalu namun kini mereka mempercepat proses pengiriman proposal yang bernilai lebih dari USD 800 Miliar kepada kementerian Pertahanan yang nantinya akan disetujui pada pekan depan," ujar salah satu sumber pemerintah kepada ANI dikutip dari Sputnik pada Jumat (19/6).


Dukungan Publik Terhadap Pemerintahan di Eropa Meningkat, Tapi Tidak Bagi Rusia

Keputusan IAF tersebut diambil usai Rusia menawarkan harga yang lebih kompetitif.

"Kami akan segera melakukan pemesanan 12 unit pesawat tempur jenis Sukhoi-30s lainnya," kata Pemimpin Angkatan Udara India, Chief Marshal R.K.S. Bhadauria.

Seperti diketahui, situasi di wilayah perbatasan India dengan China telah memanas pada beberapa bulan belakangan. Kedua negara sempat beberapa kali melakukan pertemuan tingkat tinggi untuk membahas konflik tersebut. Beberapa hari yang lalu, sedikitnya 20 tentara India dinyatakan tewas dalam insiden perkelahian dengan pasukan China di wilayah perbatasan di pegunungan Himalaya.

Rencana Militerisasi Luar Angkasa oleh AS Bahayakan Hubungan Kerja Sama dengan Rusia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia