logo


Pandemi Covid-19, Menag Izinkan Mahasiswa Ganti Skripsi dengan Jurnal

Mahasiswa diberi pilihan untuk mengganti skripsi dengan artikel yang dipublikasikan ke jurnal Kemenag

19 Juni 2020 07:00 WIB

istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Menteri Agama Fachrul Razi mengizinkan mahasiswa di seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) untuk mengganti tugas akhir yakni skripsi menjadi artikel jurnal. Artikel tersebut harus dipublikasikan ke jurnal milik Kemenag.

"Memberikan opsi pengganti tugas akhir dengan menulis artikel pada jurnal terindeks pada portal jurnal yang terindeksi moraref milik Kemenag," kata Fachrul saat menggelar rapat dengan Komisi VIII DPR di Kompleks Senayan, Jakarta, Kamis (18/6/2020).

Kebijakan tersebut diambil sebagai imbas adanya pandemi corona yang berpengaruh ke proses penyelenggaraan perkuliahan. Selain memberi opsi penggantian tugas akhir, Fachrul juga memberi perpanjangan masa studi satu semester bagi mahasiswa PTKIN tingkat akhir.


Terapkan Pembelajaran Daring di Madrasah, Kemenag: Bisa Diakses Dimanapun dan Kapanpun

Pada kesempatan tersebut, Fachrul juga memberi tiga skema keringanan pembayaran UKT. Mahasiswa PTKIN dapat mengajukan banding agar dapat pengurangan UKT, perpanjangan waktu pembayaran UKT, dan angsuran UKT yang menerapkan pola keungan Badan Layanan Umum (BLU).

"Membuka peluang mahasiswa untuk mengajukan banding UKT," pungkasnya.

Pekerjaan Rumah Sektor Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati
 
×
×