logo


Anjuran DMI soal Salat Jumat Dua Gelombang, Begini Tanggapan MUI

MUI hanya mengenal salat Jumat satu gelombang.

17 Juni 2020 20:42 WIB

Sekretaris Jenderal MUI pusat, Anwar Abbas
Sekretaris Jenderal MUI pusat, Anwar Abbas Republika

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sekjen MUI Anwar Abbas menyebut pihaknya tak mengenal pelaksanaan salat Jumat dua gelombang. Menurut MUI, salat Jumat mesti digelar dalam satu gelombang saja.

Hal itu disampaikan menyusul Surat Edaran yang diterbitkan Dewan Masjid Indonesia (DMI) yang menganjurkan masjid dengan banyak jamaah untuk melaksanakan salat Jumat dalam dua gelombang. Sistemnya ganjil genap sesuai nomor ponsel (HP) milik jamaah.

"DMI punya hak untuk mengambil sikap, itu hak dia, tapi kalau MUI hanya mengenal satu gelombang," kata Anwar, dilansir dari CNNIndonesia.com, Rabu (17/6).


JK Sebut Indonesia Telat Lockdown dan Tidak Disipli PSBB

Anwar menerangkan pandangan soal pelaksanaan salat Jumat satu gelombang berdasarkan ayat suci Alquran yang menyebutkan salat Jumat harus dilaksanakan segera.

Akan tetapi, merespons pandemi Covid-19 yang mengharuskan physical distancing, diperlukan tempat-tempat lain untuk menggelar salat Jumat.

"Jadi kita imbau pengurus masjid untuk mencari tempat baru penyelenggaraan salat Jumat, bisa cari 2-3 tempat salat Jumat, sebelum Jumat dikasih tahu bahwa ada tempat-tempatnya, jangan jauh-jauh," ujarnya.

Anies Baswedan Belum Buka Sekolah, Fadli Zon: Ini Kebijakan yang Benar

Halaman: 
Penulis : Iskandar
 
×
×