logo


6 Langkah Jitu Bertanam Bunga Euphorbia

Euphorbia adalah salah satu genus tumbuhan berbunga terbesar yang memiliki 2.420 spesies.

17 Juni 2020 16:46 WIB

Bunga  Euphorbia
Bunga Euphorbia Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Euphorbia merupakan tanaman hias yang cukup pupuler di Indonesia. Tanaman hias ini banyak ditanam oleh masyarakat sebagai tanaman hias pot.

Euphorbia adalah salah satu genus tumbuhan berbunga terbesar yang memiliki 2.420 spesies. Jenis bunga dari genus ini banyak yang memiliki peran penting bagi manusia. Fungsi penting tersebut diantaranya adalah sebagai tanaman hias, obat-obatan dan juga gulma.


Tips Ternak Lele di Kolam Terpal

Tanaman hias berduri ini cukup mudah dibudidayakan. Berikut cara menanam Euphorbia dengan benar :

1. Siapkan pot yang ukurannya sepadan dengan besar-kecilnya euphorbia. Pastikan kondisi pot bersih dan memiliki lubang di bagian dasar untuk membuang kelebihan air.

2. Masukkan beberapa potongan styrofoam atau pecahan genting yang jumlahnya asal menutup lubang, karena tujuannya untuk mencegah air tidak menggenang di dasar pot.

3. Isi pot dengan formulasi media tanam yang sudah dibuat, jumlahnya kira-kira separuh pot. Taburkan butiran pupuk lambat urai sebanyak setengah sendok makan.

4. Ambil bibit euphorbia, lalu bersihkan akar-akarnya. Setelah itu, tanaman siap ditanam.

5. Masukkan euphorbia ke media tanam dengan posisi tegak. Pastikan akar menyebar merata dan tidak saling melilit atau menumpuk satu dengan yang lainnya.

6. Isi media tanam hingga penuh, lalu siram air sampai media tanam terlihat padat. Letakkan bibit di lokasi teduh dan aman dari gangguan.

Mudah bukan bertanam bunga euphorbia, selamat mencoba sahabat jitu.

Tips Menanam Pepaya California

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar