logo


Ancam Penyeleweng Dana Covid-19, Kapolri: Awas, Akan Saya 'Sikat'!

Kapolri akan menindak tegas pihak yang terbukti melakukan korupsi dana Covid-19

16 Juni 2020 08:00 WIB

Idham Aziz
Idham Aziz Doc Jitu

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Kapolri Jenderal Idham Azis mengatakan bahwa pihaknya akan menindak tegas pihak-pihak yang terbukti menyelewengkan anggaran penanganan virus corona. Hal tersebut sesuai istruksi Presiden Joko Widodo untuk menindak tegas penyelenggara negara yang terbukti melakukan korupsi.

"Ya dalam situasi kondisi pandemi seperti ini apabila ada yang menyalahgunakan maka Polri tidak pernah ragu untuk 'sikat' dan memproses pidana," kata Idham Azis dalam keterangannya, seperti dilansir CNNIndonesia.com, Senin (15/6/2020).

Ia kembali mengingatkan untuk tidak memperkaya diri sendiri dengan anggaran Covid-19, apalagi presiden telah memberi kemudahan dalam proses pencairan dana tersebut. Bagi penyelenggara negara yang terbukti menyelewengkan dana Covid-19 akan diberi hukuman yang sangat berat.


Pemerintahan Jokowi Dituding Otoriter, Istana Berikan Pembelaan Ini

"Presiden sudah mempermudah proses pencairan dana Covid. Awas, siapa aja yang ingin bermain curang, akan saya 'sikat', hukumannya sangat berat," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi telah meminta masyarakat untuk mengawal dana Covid yang telah dialokasikan sebesar Rp 677,2 triliun. 'Pemerintah tidak main-main soal akuntabilitas. Pencegahan diutamakan, tata kelola yang baik didahulukan. Tetapi kalau masih ada yang bandel niat korupsi, ada mens rea, maka silahkan bapak ibu digigit dengan keras uang negara harus diselamatkan," kata Jokowi saat rakornas di Istana Merdeka, Senin (15/6/2020).

Mal Kembali Dibuka, Ahli Beri Peringatan: Bukan untuk Jalan-jalan!

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati