logo


Cara Mudah Bertanam Anggrek Gurun

Eulophia petersii tersebar di daerah Afrika sampai ke daerah Arab. Anggrek ini dikenal dengan sebutan anggrek gurun karena tempat berkembangnya di daerah Afrika (Kenya and Tanzania) sampai ke Arab.

15 Juni 2020 15:01 WIB

Anggrek gurun (Eulophia petersii)
Anggrek gurun (Eulophia petersii) Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Eulophia petersii adalah jenis anggrek yang mampu bertahan hidup di padang pasir. Anggrek ini sangat berbeda dengan anggrek jenis-jenis lain yang kebanyakan yang tumbuh di daerah-daerah lembab.

Eulophia petersii tersebar di daerah Afrika sampai ke daerah Arab. Anggrek ini dikenal dengan sebutan anggrek gurun karena tempat berkembangnya di daerah Afrika (Kenya and Tanzania) sampai ke Arab.

Bunga anggrek ini tidak semenarik anggrek hutan, tapi cukup eksotis mengingat tempat habitatnya. Tangkai bunganya bisa mencapai ukuran 2 meteran. Warna bunganya dominan hijau kecoklatan dan dipermanis warna merah.


Cara Budidaya Anggrek Kantung Kolopaking, Si Cantik yang Terancam Punah.

Anggrek teresterial ini biasanya tumbuh di habitat ekstrem seperti pasir yang asam dan bebatuan. Agar mampu bertahan hidup di lingkungan kering dan miskin hara, E. petersii memiliki pseudobulb yang relatif besar, berdiameter 3 – 4 cm. Anggrek ini juga berdaun tebal seperti keluarga anggota genus Aloe dan Sansevieria.

Menanam anggrek gurun sangat mudah. Media tanam yang akan digunakan harus poros, Anda dapat menggunakan pasir malang, arang dan pakis kering. Tambahkan juga pupuk kandang yang sudah masak secukupnya.

Pot yang akan digunakan harus memiliki lubang pembuangan air yang cukup baik untuk menghindari kelembaban tinggi pada media tanam. Pot sebaiknya mempunyai dimensi yang cukup agar akar dapat bergerak bebas karena akar anggrek ini cukup tebal.

Tempatkan anggrek gurun di tempat terbuka yang mendapatkan sinar matahari penuh sepanjang hari.

Anggrek gurun tidak perlu perawatan intensif. Perawatan anggrek ini cukup dengan melakukan penyiraman dan pemupukan.

Penyiraman dapat dilakukan seminggu sekali. Sedangkan untuk pemupukan cukup dilakukan sebulan sekali dengan pupuk lengkap sebulan sekali.

Nah mudah bukan bertanam anggrek gurun. Eulophia petersii bisa menjadi salah satu pilihan untuk Anda yang terlalu sibuk bekerja.

Kurangi Pupuk, Agar Hoya Rajin Berbunga

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar
 
×
×