logo


Soal RUU HIP, Haikal Hassan: Kenapa PDIP yang Respons? Kebaca kan Siapa yang Ngusulin

Haikal menyebut adanya potensi RUU HIP untuk membangkitkan PKI.

15 Juni 2020 11:15 WIB

Haikal Hassan
Haikal Hassan Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Juru Bicara PA 212 Haikal Hassan turut angkat bicara mengenai pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP) yang menuai pro-kontra dari sejumlah kalangan.

Menurutnya, hal mendesak yang harus dilakukan pemerintah di tengah pandemi Covid-19 adalah memastikan kesehatan dan kesejahteraan atau ekonomi masyarakat, bukan RUU HIP.

Haikal juga menyebut adanya potensi RUU HIP untuk membangkitkan PKI. Terlebih, lanjut dia, PDIP yang mulanya menolak justru mendukung dan mengusulkan agar TAP MPRS Pembubaran PKI diselipkan ke RUU HIP.


RUU HIP Dinilai Menurunkan Derajat Pancasila, Din Syamsuddin: Berbahaya Bagi NKRI

"Ada 2 hal, kenapa PDIP yang respons? Kebaca kan siapa yang ngusulin. Begitu lihatnya. Oh, PDIP. Kedua, kita tidak mau memasukkan tambahan apapun atau mengubah apapun. Kita hanya mau UUD dan Pancasila. Tidak didegradasi dengan RUU HIP," ujar Haikal, dilansir dari WartaEkonomi, Senin (15/6).

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan bahwa partainya sepakat TAP MPRS Pembubaran PKI masuk RUU HIP. Selain komunisme, ideologi lain seperti kapitalisme, liberalisme, marxisme, radikalisme, serta bentuk khilafahisme, juga ditambahkan dalam RUU HIP sebagai ideologi yang bertentangan dengan Pancasila.

Tolak RUU HIP, Abdul Somad Ajak Umat Islam Bersuara

Halaman: 
Penulis : Iskandar