logo


Jika Kalah Debat dengan Luhut, Ini yang Bakal Dilakukan Rizal Ramli

Rizal berjanji akan berhenti mengkritik kebijakan pemerintah jika dirinya kalah debat.

11 Juni 2020 10:31 WIB

Menko Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan (kanan) berbincang dengan Rizal Ramli saat serah terima jabatan (sertijab) Menko Bidang Kemaritiman di Gedung BPPT, Jakarta, Kamis (28/7).
Menko Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan (kanan) berbincang dengan Rizal Ramli saat serah terima jabatan (sertijab) Menko Bidang Kemaritiman di Gedung BPPT, Jakarta, Kamis (28/7). Jitunews/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ekonom senior Rizal Ramli menanggapi tantangan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan yang berharap para pengkritik utang pemerintah agar dapat menemuinya secara langsung.

Pria yang karib disapa RR itu bersedia untuk berdebat dengan Luhut tentang persoalan utang. Namun dia menginginkan semua tim ekonomi pemerintah juga turut serta dalam debat tersebut, tidak hanya Luhut.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman itu berjanji akan berhenti mengkritik kebijakan pemerintah jika kalah dalam debat tersebut.


Fadli Zon: Menurut Saya yang Terbaik Presidential Threshold Nol Persen

Hal itu disampaikan Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Adhie Massardi yang menyebut telah mewakili Rizal Ramli.

"Rizal Ramli ini kan bukan tokoh kaleng-kaleng. Ketika dia mau keluar menentang kabinet tim ekonomi itu harus ada apa yang dipertaruhkan. Jadi kemarin Rizal Ramli bersedia kalau dia kalah dia tidak akan mengkritik kebijakan ekonomi pemerintahan,” kata Adhie di Jakarta Selatan, dikutip dari detikcom pada Kamis (11/6).

“Tetapi kalau tim ekonomi (Presiden) Joko Widodo yang kalah, dia minta semua menteri itu untuk mundur," tegasnya.

Menurut Adhie, setiap kritikan Rizal bermaksud mengingatkan pemerintah jika kebijakan yang ditempuh harus dapat dipertanggungjawabkan.

"Jadi itu pertaruhannya sehingga masyarakat juga, publik juga melihat bahwa kebijakan ini sungguh-sungguh memperhitungkan rakyat atau tidak. Jadi dengan demikian kan akan lahir tradisi setiap kebijakan pemerintah itu mempertaruhkan nasib rakyat dan nasib pembuat kebijakan," ujarnya.

Rizal Ramli Terima Tantangan Debat dengan Luhut, Jika Menang Semua Menteri Diminta Mundur

Halaman: 
Penulis : Iskandar