logo


Alissa Wahid: Pandemi Covid-19 Tunjukkan Kualitas Para Pemimpin

Masyarakat punya ukuran untuk menilai para pemimpin.

10 Juni 2020 06:45 WIB

Putri mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), yang juga Koordinator Jaringan Gusdurian, Alissa Wahid.
Putri mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), yang juga Koordinator Jaringan Gusdurian, Alissa Wahid. nu.or.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian, Alissa Wahid menilai pandemi Covid-19 memperlihatkan kualitas para pemimpin di Indonesia, baik dari level tertinggi maupun bupati dan wali kota.

“Masyarakat, netizen punya ukuran untuk melihat para pemimpin publik. Dalam situasi krisis, maka manajemen krisis yang menjadi ukuran. Dari situ ada beberapa kriteria penilaian, tetapi yang utama ada pada fundamental kredibilitas yang akan mewarnai bagaimana publik mencerna, apakah seorang kepala daerah bagus atau tidak,” kata Alissa di Jakarta, dilansir dari Antara Selasa (9/6).

Menurutnya, masyarakat akan menilai seorang kepala daerah soal kredibilitas dalam penanganan Covid-19 di daerah yang dipimpinnya. Penilaian dapat terlihat berdasarkan tingkat penyebaran kasus pada suatu wilayah.


Mendes Abdul Halim: Rp 2,8 triliun Telah Dialokasikan untuk Penanganan Covid-19 di Desa

Selain itu, lanjut Alissa, kualitas pemimpin juga akan dinilai masyarakat berdasarkan pada itikadnya. Itikad pemimpin bakal diketahui dalam penanganan Covid. Apakah pemimpin itu bekerja untuk rakyat agar tak tertular virus atau hanya mengambil keuntungan dari adanya pandemi untuk meningkatkan popularitas.

Putri dari Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid itu menerangkan beberapa orang dapat mengambil keuntungan dari pandemi ini baik dari sisi ekonomi maupun politik.

“Kalau itikad kepala daerah terlihat oleh publik sebagai hal yang murni dilakukan untuk masyarakatnya, pasti akan meroket dengan cepat,” ujarnya.

Pakar Sebut Melonggarkan PSBB saat Ini Akan Membawa Dampak yang Lebih Buruk

Halaman: 
Penulis : Iskandar