logo


Inovasi, Kerupuk Rasa Buah, Sayur, dan Kopi

Buah yang tidak bisa dipakai untuk bahan baku produksi kerupuk yakni alpukat dan sirsak

6 April 2015 13:53 WIB

Kerupuk buah (ISTiMEWA)
Kerupuk buah (ISTiMEWA)

SIDOARJO, JITUNEWS.COM- Demi menjaring konsumen, serta menawarkan inovasi terbaru, M. Satuwin, warga Desa Wonokmelati, Sidoarjo-Jawa Timur, sukses menciptakan 70 varian rasa Kerupuk, tergantung pesanan pelanggan. 

Mulai dari kerupuk rasa buah, sayur, hingga kerupuk bercita rasa kopi. Bahkan, meski hanya berskala home industri, kreasinya mampu menembus pasar nasional.

Produk kreasi Satuwin sudah mampu merambah pasar Nusantara seperti Kalimantan, Sulawesi, dan juga ke Jakarta. Tak hanya sampai situ, ia berharap, kreasi kerupuk aneka rasa tersebut bisa menembus pasar internasional.


Mahasiswa IPB Ciptakan Robot untuk Bantu Pekerjaan Petani

Dari beberapa varian yang dihasilkannya, kerupuk rasa buah menjadi produk yang paling banyak diincar, seperti rasa nangka, buah naga, dan strowberry. Meski demikian, tidak semua buah bisa dijadikan bahan baku pembuat kerupuk. Buah-buah yang tak bisa dijadikan kerupuk antara lain sirsak dan alpukat. Sebab, rasanya akan pahit bila dijadikan sebagai kerupuk.

Karena inovasinya yang brilian, dalam beberapa kali kesempatan, kerupuk aneka rasa kreasi Satuwin kerap diikutkan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sidoarjo, dalam pameran-pameran bertaraf nasional, sehingga hasil produksinya bisa lebih dikenal oleh masyaralat luas.

Tim Pengawalan SPIP Dukung Tercapainya UPSUS SIWAB

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro