logo


Menteri ESDM Qatar Sebut Perang Harga Minyak Arab-Rusia Adalah Kesalahan Besar

Perang harga minyak antara Arab Saudi dan Rusia membuat harga minyak dunia jatuh

9 Juni 2020 21:15 WIB

Pengeboran minyak.
Pengeboran minyak. Pexels

DOHA, JITUNEWS.COM - Menteri ESDM Qatar menilai adanya perang harga minyak yang terjadi antara Arab Saudi dengan Rusia yang menyebabkan harga minyak dunia jatuh merupakan hal yang sangat salah.

"Saya pikir itu adalah kesalahan yang sangat fatal," ujar Saad al-Kaabi dikutip dari CNBC Internasional pada Selasa (9/6).

"Anda tahu, memenuhi pasar adalah salah satu penyebab (harga minyak) kami jatuh di level terendah, dan kemudian adanya pandemi," imbuhnya.


Filipina Tak Akan Buka Sekolah Kecuali Vaksin Covid-19 Telah Tersedia

Permintaan akan minyak juga diketahui mengalami penurunan yang tajam karena adanya kebijakan lockdown guna mencegah laju penyebaran virus Corona Covid-19. Qatar yang telah keluar dari keanggotaan OPEC pada 2019 lalu juga mengalami penurunan pendapatan dari sektor minyak sebesar 30% pada tahun ini jika dibanding dengan tahun sebelumnya.

"Semoga saja permintaan (minyak) meningkat secara bertahap dengan adanya masyarakat yang telah keluar dari masa karantina di seluruh penjuru dunia, dan khususnya dimulainya kembali transportasi massal serta dunia penerbangan dan sebagainya," tukasnya.

Pakar Sebut Melonggarkan PSBB saat Ini Akan Membawa Dampak yang Lebih Buruk

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia