logo


Anies Baswedan Sering Tampil di Media, PAN Bingung: Kenapa Elektabilitasnya Justru Turun?

Berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia, elektabilitas Anies Baswedan turun

9 Juni 2020 12:14 WIB

Wakil Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Saleh Daulay
Wakil Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Saleh Daulay istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengalami penurunan elektabilitas di tengah pandemi corona. Berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia yang dirilis pada Senin (8/6/2020), Anies hanya memiliki elektabilitas sebesar 10,4 %. Angka tersebut lebih kecil dibanding angka elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang memperoleh 11,8 persen.

Menanggapi hasil survei tersebut, Ketua DPP PAN Saleh Pertaonan Dauly merasa bingung dengan hasil survei Anies Baswedan yang turun. Harusnya elektabilitas Anies naik karena sering tampil di media. Menurutnya, elektabilitas yang turun disebabkan karena masyarakat tidak puas dengan kinerja Anies.

"Hasil survei ini tentu harus menjadi cermin bagi Anies. Sebab, di tengah pandemi Covid-19 seperti ini semestinya surveinya naik. Berbanding lurus dengan kuantitas dan frekuensinya tampil dan berbicara di media," ujar Saleh seperti dilansir detikcom, Selasa (9/6/2020).


Elektabilitasnya Turun, Dahnil: Prabowo Tidak Pernah Memberikan Atensi Serius

"Dari semua kepala daerah, yang paling sering tampil di media berkenaan dengan Covid-19 ini adalah Pak Anies. Itu artinya, masyarakat banyak yang kenal dan juga mengikuti kiprahnya. Tetapi kenapa surveinya justru turun?" imbuhnya.

Saleh menilai bahwa masyarakat terlalu banyak berharap kepada Anies tekait penanganan virus corona. Mulai dari penyediaan fasilitas dan sarana kesehatan, perutaran PSBB, distribusi bansos dan sebagainya. Namun pada kenyataannya, masyarakat tidak puas dengan pelayanan yang telah diberikan selama pandemi corona.

 

Soal Masa Transisi di Jakarta, Ini Kata Sandiaga

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati
 
×
×