logo


Era New Normal, 5 Bisnis ini Berpotensi Berkembang

Adanya perubahan perilaku masyarakat membuka peluang bisnis baru.

9 Juni 2020 10:37 WIB

Pemandangan Pantai Temajuk Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas
Pemandangan Pantai Temajuk Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Pemerintah telah menggaungkan kebijakan new normal atau tatanan baru dalam menghadapi pandemi Covid-19. Masyarakat sudah mulai beraktivitas normal kembali tetapi dengan protokol kesehatan yang ketat.

Kehidupan new normal ini ditawarkan agar roda perekonomian dapat berjalan kendati obat atau vaksin corona belum ditemukan. Di era ini, manusia akan lebih berhati-hati dalam mengatur keuangan. Selain itu, penggunaan teknologi virtual pun akan semakin meningkat.

Adanya perubahan perilaku masyarakat selama menjalani physical distancing karena Covid-19 ini sebenarnya membuka peluang bisnis baru. Terlebih jika pelaku bisnis baru merintis atau kembali memulai usahanya.


Jokowi Diklaim Berhasil Tangani Pandemi Covid-19

Dilansir dari Swara Tunaiku, berikut ide yang bisa dijajal:

Layanan Kesehatan Online

Jasa konsultasi kesehatan memang sudah disediakan oleh beberapa perusahaan. Konsultasi dengan dokter bisa dilakukan melalui aplikasi. Selama physical distancing, tentunya semakin banyak orang yang memakai fasilitas ini.

Diperkirakan ke depannya bisnis seperti ini bakal semakin berkembang pesat karena dibutuhkan oleh masyarakat.

Makanan atau Minuman Herbal

Salah satu bisnis yang akan berkembang dan diminati orang adalah minuman dan makanan herbal yang bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Terlebih sejak Presiden Joko Widodo menyarankan untuk minum jamu setiap hari. Masyarakat pun kian gencar mengonsumsi minuman jahe, kunyit, temulawak, dan sebagainya.

Produk Kecantikan Rumah

Banyak orang tidak bisa pergi ke salon selama Covid-19 ini. Akhirnya sebagian dari mereka memutuskan untuk bleaching dan cat rambut sendiri meski ala kadarnya. Di masa ini, orang-orang mulai bereksperimen dengan rambutnya sendiri.

Kondisi itu bisa jadi peluang untuk menjual produk salon dalam bentuk kemasan. Sehingga bisa dicoba sendiri oleh pelanggan di rumah.

Pariwisata Lokal

Bisnis travel merupakan salah satu yang kena dampak cukup parah selama Covid-19 ini. Namun bisnis tersebut bukan berarti akan lesu selamanya.

Meski perlahan, kini ada titik cerah bagi tujuan pariwisata lokal. Sulitnya proses traveling ke luar negeri membuat orang-orang lebih memilih destinasi lokal.

Situasi ini bisa dimanfaatkan oleh para pemilik travel untuk mulai menyusun strategi saat new normal. Hal yang bisa dilakukan adalah memperbanyak penawaran liburan dalam negeri dan mencari tahu tentang tempat yang belum banyak diketahui orang.

Masker dan Pelindung Wajah

Sejak wabah coronavirus Covid-19 berkembang, pemakaian masker seolah menjadi sesuatu yang wajib. Terlebih dengan adanya protokol untuk tetap memakai masker di tempat umum, maka permintaan akan masker ini diperkirakan tak akan turun.

Selain itu, topi bertirai plastik untuk mengantisipasi penularan virus dari air liur kini mulai dilirik pasar. Kedua barang ini bisa menjadi bagian fashion di masa new normal di Indonesia.

Jika Tak Bisa Terapkan New Normal, Sandiaga Minta Pilkada 2020 Ditunda

Halaman: 
Penulis : Iskandar
 
×
×