logo


Minta Pemerintah Tak Hanya Fokus Kesehatan, Fadli Zon: Kita Bisa Terancam Gelombang Kelaparan

Kebijakan pembatasan sosial berhasil menekan penyebaran virus corona tapi juga memukul produksi dan distribusi pangan secara global.

8 Juni 2020 14:07 WIB

otoritasnews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Fadli Zon, meminta pemerintah tak hanya memperhatikan kesehatan tapi juga sektor pangan.

"FAO (Food and Agriculture Organization) pada April lalu memperingatkan adanya ancaman krisis pangan akibat pandemi Covid-19. Krisis pangan harus disikapi serius," ujar Fadli melalui akun Twitternya @fadlizon, Senin (8/6).

Menurutnya, kebijakan pembatasan sosial memang berhasil menekan penyebaran virus corona (Covid-19) tapi juga memukul produksi dan distribusi pangan secara global.


Wow! Selandia Baru Berhasil Lepas dari Ancaman Covid-19

"Sejumlah negara yang selama ini dikenal sebagai produsen pangan, seperti Thailand dan Vietnam, dengan alasan melindungi kebutuhan dalam negeri kini mulai melakukan pembatasan ekspor," ujarnya.

"Akibatnya, jumlah pangan yang diperdagangkan di pasar duniapun volumenya terus menurun. Dari total produksi beras dunia, misalnya, kini hanya tinggal 5 persen saja yg diperdagangkan di pasar internasional. Inilah yg bisa disebut gejala “deglobalisasi” akibat pandemi," lanjutnya.

Wakil Ketum Partai Gerindra ini menyebut gejala deglobalisasi bisa berakibat fatal bagi negara yang memiliki ketergantungan terhadap impor.

"Gejala deglobalisasi semacam itu, bagi negara yg memiliki ketergantungan sangat besar terhadap impor pangan seperti Indonesia, tentu bisa berakibat mengerikan jika tak diantisipasi dengan baik," sebutnya.

Pemerintah: Saatnya Makassar Membentuk RS Darurat COVID

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata