logo


Minta Masyarakat Siap Hadapi New Normal, Mensos: Persiapan Mental Lebih Penting dari Fisik

Mensos minta semua orang mempersiapkan mental untuk hadapi new normal

7 Juni 2020 08:30 WIB

Menteri Sosial Juliari P. Batubara
Menteri Sosial Juliari P. Batubara Kemensos

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Menteri Sosial Juliari Batubara meminta masyarakat siap menghadapi new normal atau tatanan normal baru. Menurutnya, persiapan mental sangat diperlukan dibanding persiapan yang bersifat fisik.

"Ini adalah tatanan dunia baru yang tidak bisa kita hindari dan kita harus siap, dari sisi sosial, persiapan mental lebih penting dibanding persiapan yang sifatnya fisik," ujar Juliari Batubara dalam video konferensi, Sabtu (6/6/2020).

Juliari mengatakan bahwa masyarakat harus dipaksa untuk berperilaku hidup sehat di tengah pandemi corona. Menurutnya, pandemi telah merubah gaya hidup yang berdampak pada interaksi sosial yang kurang.


Data Terbaru Corona: Kasus Positif Bertambah Hampir Seribu

Ia mencontohkan kerja dari rumah atau work from home karena adanya wabah corona telah membuat efisiensi tenaga dan biaya. Namun sisi negatifnya telah membuat orang kurang bersosialisasi.

"Semuanya bisa dikerjakan dari luar kantor, artinya ini suatu efisiensi luar biasa tapi kita menjadi makhluk yang interaksi sosialnya kurang atau less social," ungkapnya.

Mensos Juliari juga mengatakan bahwa kondisi tersebut aka menjadi hal yang normal. Hanya butuh waktu agar orang terbiasa dengan tatanan baru. "Hal seperti ini tidak punya pilihan, harus fokus pada tatanan baru demi kesehatan," pungkasnya.

Dirut PDAM Surabaya Diduga Terpapar Covid-19, 300 Karyawan Jalani Rapid Test

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati