logo


Heboh Cuitan Wanita Jawa Cocok Jadi Pembantu, Netizen Geram

Beredar cuitan yang berbau rasis.

3 Juni 2020 13:18 WIB

Cuitan tentang wanita Jawa dan Sunda
Cuitan tentang wanita Jawa dan Sunda twitter

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Jagat media sosial Twitter tengah riuh akibat cuitan berbau rasisme. Seorang pria bermaksud membandingkan perempuan Sunda dengan Jawa.

Dalam kicauannya tersebut, ia berpendapat mengenai wanita berdarah Sunda cocok dijadikan istri. Sebaliknya, wanita Jawa yang rajin patut dijadikan sebagai pembantu.

"Cewe sunda ramah cocok jadi istri. Cewe jawa rajin cocok jadi pembantu" tulis pria yang disebut Aa Asep di Twitter, Minggu (31/5).


Usai Jadi Polemik Iman Brotoseno Nonaktifkan Akun Twitter, Ternyata Ini Alasannya

Cuitan pria itu kembali diunggah oleh akun @WarganetBudiman yang disertai potret beberapa tokoh seperti Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri.

Unggahan tersebut tentu mendapat sorotan dari netizen. Banyak yang tak terima atas pernyataan yang mengandung rasisme tersebut.

Bagi sejumlah netizen, cuitan itu telah menyinggung wanita Jawa dan menganggap rendah banyak tokoh wanita Indonesia yang berasal dari suku Jawa.

“Sekelas RA Kartini aja ogah ngakuin lu sebagai jantan sejati,” ujar bgzd22.

“Ya ampun, aku orang Jawa a’ gak terima,” cetus @essejuicyyy.

Namun, ada pula yang membenarkan pernyataan dari Aa Asep. Sebab, ada dua perempuan yang sekarang mengisi posisi kementerian untuk membantu pemerintahan Presiden Joko Widodo.

“Tapi yo nek dipikir si bener. Bu Retno dan Bu Sri Mulyani kan menteri, lak yo pembantu presiden,” sahut @widiggo97.

Tanggapi Unggahan KPU, Said Didu: Semoga Anda Semua Masih Berakal Sehat

Halaman: 
Penulis : Iskandar