logo


Bukan dari Wuhan, Peneliti Ungkap Asal Muasal Virus Covid-19

Sejumlah pakar menyatakan bahwa asal mula virus Covid-19 bukan dari pasar basah di Kota Wuhan

2 Juni 2020 10:45 WIB

Pasar Satwa di Kota Wuhan
Pasar Satwa di Kota Wuhan south china morning post

BEIJING, JITUNEWS.COM - Sejumlah pakar virologi di Wuhan menyebut virus Covid-19 tidaklah muncul pertama kali di pasar basah kota Wuhan, China, meskipun pasar yang menjual hewan liar tersebut memang menjadi sebuah lokasi penyebaran, dimana seseorang dapat menularkan virus tersebut kepada orang lain.

Sejak hari-hari pertama masa pandemi, berbagai laporan telah menyebut bahwa virus SARS-Cov-2 yang menyebabkan penyakit Covid-19 ditularkan dari hewan ke manusia di pasar Huanan, Wuhan, namun sejumlah pakar menyatakan bahwa teori tersebut tidak sepenuhnya benar. Menurut laporan mereka, virus Covid-19 berasal dari sebuah tempat lain.

"Saya belum melihat apapun yang membuat saya merasa, sebagai seorang peneliti yang mempelajari penyakit virus, bahwa pasar tersebut merupakan sebuah pilihan," ujar Colin Carlson, seorang profesor di Universitas Georgetown dikutip dari livescience pada Selasa (2/6).


Tak Setuju Rusia Diundang ke G7, Presiden Kanada: Mereka Terus Melanggar Aturan dan Norma Internasional

"Tidak ada satu pun binatang yang telah terbukti positif virus Covid-19. Sehingga, sejak Januari, hal itu bukanlah sebuah kesimpulan melainkan telah berkembang menjadi sebuah narasi," imbuhnya.

Jadi, darimana sebenarnya virus Covid-19 berasal?

"Menemukan asal muasal lokasi virus tampaknya akan membutuhkan lebih banyak waktu," tukasnya.

Covid-19 Belum Usai, Kongo Kini Hadapi Wabah Ebola

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia