logo


New Normal, Stop Gunakan Make Up Saat Pakai Masker Jika Hal Ini Tak Ingin Terjadi

Ahli Dermatologi sebut memakai make up saat menggunakan masker dapat merusak kulit wajah

2 Juni 2020 07:02 WIB

Masyarakat menggunakan masker
Masyarakat menggunakan masker ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Pemerintah tengah menyiapkan prosedur new normal atau tatanan normal baru di tengah pandemi corona. Masyarakat diminta membiasakan pola hidup sehat dengan sering mencuci tangan. Selain itu masyarakat diminta membiasakan menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Penggunaan masker dalam aktivitas sehari-hari perlu diperhatikan. Seorang ahli dermatologi tidak menyarankan menggunakan make up saat memakai masker. Pasalnya hal tersebut bisa mempengaruhi kesehatan kulit wajah.

"Lingkungan yang panas untuk kulit anda karena hembusan udara yang terperangkap di bawah material masker. Pada akhirnya, hal tersebut dapat menyebabkan penumpukan keringat dan minyak pada kulit yang berpotensi menyebabkan peradangan, ruam, dan bahkan memicu munculnya jerwat," kata Ahli Dermatologi, Dr Joshua Zeichner seperti dilansir medcom, Jumat (1/5/2020).


Minta Pemerintah Belajar New Normal dari Korsel, PKS: Angka Covidnya Justru Naik Lagi

Dr Joshua merekomendasikan untuk mencuci muka secara keseluruhan sebelum menggunakan masker dan tidak menggunakan make up. Pasalnya make up dapat menutup pori-pori wajah saat menggunakan masker.

"Saya merekomendasikan untuk meminimalkan penggunaan makeup terutama penggunaan faundation dan concealer dengan formula yang berat, karena kelembapan di bawah masker dapat berdampak pada produksi serum kulit dan berpotensi meningkatkan tertutupnya pori-pori dan jerawat," jelasnya.

Lebih lanjut, ia menyarankan apabila hendak menggunakan make up maka gunakan di bagian mata seperti maskara dan eyeshadow. Tetapi tidak disarankan untuk menggunakan make up di sekitar mulut.

New Normal, Tips Aman Gelar Resepsi Pernikahan Tanpa Takut Corona

Halaman: