logo


Terima Banyak Manfaat, WHO Minta Hubungan dengan AS Tetap Dilanjutkan

WHO menilai keterlibatan AS telah memberi banyak perbedaan besar

2 Juni 2020 04:45 WIB

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus
Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus national geographic Indonesia

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Dirjen Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Gebreyesus mengatakan bahwa pihaknya ingin tetap bekerja sama dengan Amerika Serikat (AS). Hal tersebut ia utarakan usai Presiden AS Donald Trump memutus hubungan AS dengan WHO. Trump mengumumkan pemutusan hubungan dengan WHO pada Jumat (29/5/2020) karena WHO dinilai gagal dalam memerangi Covid-19.

"Kami telah menerima pertanyaan tentang pengumuman hari Jumat oleh Presiden Amerika Serikat," kata Tedros dalam konferensi pers virtual seperti dilansir AFP, Senin (1/6/2020).

Tedros mengatakan bahwa keterlibatan AS telah memberi perbedaan besar dalam beberapa dekade terakhir. Ketelibatan AS memberikan banyak manfaat sehingga ia ingin hubungannya tetap dilanjutkan.


Donald Trump Tunda Penyelenggaraan G-7, Rusia Bakal Diundang

"Dunia telah lama mendapat manfaat dari keterlibatan kolabratif yang kuat dengan pemerintah dan rakyat Amerika Serikat. Pemerintah AS dan kontribusi masyarakat serta kemurahan hati terhadap kesehatan global selama beberapa dekade sangat besar dan telah membuat perbedaan besar dalam kesehatan masyarakat di seluruh dunia," ujar Tedros.

Tedros sangat berharap AS dapat meneruskan kerjasamanya dengan WHO. "Adalah harapan WHO untuk kolaborasi ini untuk terus berlanjut," pungkasnya.

 

Aksi Protes Kematian George Floyd Bikin Posisi Trump Terancam

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati