logo


Waspada Penyakit Musiman Saat Lebaran, Begini Cara Mengatasinya

Asupan yang seimbang jadi salah satu cara mengatasi penyakit yang muncul saat lebaran

30 Mei 2020 14:30 WIB

kolesterol
kolesterol harapanrakyat.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Setelah sebulan puasa umat muslim akan merayakan lebaran Idul Fitri. Pada saat lebaran tiba biasanya kita akan merayakannya dengan sanak saudara. Berbagai hidangan pun disediakan untuk disantap bersama, mulai dari makanan khas lebaran seperti opor, rendang dan kue-kue kering lainnya. Namun makanan yang bersantan tersebut dapat menimbulkan penyakit apabila tidak dikontrol dengan baik. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut jenis penyakit musiman saat lebaran.

1. Diare

Pada saat Ramadan, pola makan menjadi teratur bahkan porsinya nya pun cukup sesuai kebutuhan tubuh. Namun saat lebaran pola makan kita menjadi berubah. Saat lebaran tiba kita biasnya mengkonsumsi makanan dengan porsi besar bahkan banyak mengandung santan. Hal tersebut justru akan mempengaruhi proses pencernaan dalam tubuh. Bahkan kebiasaan mengkonsumsi makanan yang sering dihangatkan pada lebaran juga akan mempengaruhi sistem pencernaan yang bisa menimbulkan diare.


Cara Aman Makan Opor & Kue Kering Saat Lebaran, Dijamin Kolesterol Tak Naik!

2. Asam urat

Saat lebaran biasanya orang akan mengkonsumsi makanan berdaging seperti opor dan gulai, bahkan terkadang terdapat jeroan. Terlalu banyak mengkonsumi daging dan jeroan dapat menyebabkan asam urat sehingga sandi terasa sakit.

3. Kolesterol

Kolesterol merupakan salah satu penyakit musiman yang muncul saat lebaran. Pasalnya, saat lebaran orang akan menyantap makanan bersantan, daging-dagingan, jeroan bahkan kue kering yang banyak mengandung keju. Makanan tersebut menjadi salah satu pemicu kolesterol yang tinggi. Kolesterol sangat berbahaya karena dapat memicu penyakit jantung.

Penyakit-penyakit tersebut adalah penyakit yang sering muncul saat lebaran tiba. Namun, kita tidak perlu khawatir. Banyak cara yang bisa kita lakukan aar terhindar dari penyakit tersebut. Saat lebaran pastikan asupan makanan berimbang terpenuhi. Perbanyak minum air putih dan buah-buahan. Kita juga perlu berolahraga agar kolesterol tidak mengendap dan menyumbat pembuluh darah.

Banyak Konsumsi Santan? Turunkan Kolesterol dengan Makanan dan Minuman Ini

Halaman: 
 
×
×