logo


AS keluar dari Keanggotaan WHO, Donald Trump: Mereka Telah Gagal Memenuhi Permintaan

AS pada Jumat (29/5) resmi keluar dari Badan Kesehatan Dunia (WHO)

30 Mei 2020 09:39 WIB

Donald Trump
Donald Trump NDTV

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Amerika Serikat memutuskan untuk keluar dari keanggotaan Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada Jumat (29/5). Keputusan tesebut didasari adanya perselihan antara Donald Trump dengan WHO terkait penanganan pandemi Covid-19 dimana Trump menuding WHO telah menjadi boneka China.

Dilansir dari Reuters pada Sabtu (30/5), keputusan AS untuk hengkang dari organisasi yang telah mereka dukung sejak 1948 silam ini diambil tepat saat hubungan AS dan China sedang panas-panasnya.

"China memegang kontrol penuh terhadap WHO, meskipun mereka hanya menyumbang USD 40 juta per tahun, dibanding AS yang selama ini mendonasikan hampir USD 450 juta tiap tahun," ujar Trump di Gedung Putih pada Jumat (29/5).


Jumlah Kasus dan Kematian Covid-19 Kian Meningkat, Ribuan Kendaraan Masih Keluar Masuk Perbatasan AS-Meksiko

Langkah tersebut diambil Trump menyusul Presiden China Xi Jinping memberikan donasi kepada WHO sebesar USD 2 Miliar untuk dua tahun kedepan guna membantu penanganan wabah Covid-19. Jumlah donasi tersebut setara dengan keseluruhan anggaran program yang dimiliki oleh WHO pada tahun 2019 lalu.

Sebelumnya, pada bulan April lalu, Trump telah menghentikan pendanaan AS untuk WHO dimana pada 18 Mei lalu, ia meminta WHO untuk melakukan perbaikan manajemen yang akan ia kaji dalam 30 hari.

"Karena mereka telah gagal memenuhi permintaan dan memerlukan perbaikan secara besar-besaran, kami, hari ini, akan memutuskan hubungan dengan WHO dan anggaran donasi akan kita arahkan kepada lembaga kesehatan internasional lain yang membutuhkan," ujar Trump pada Jumat (29/5).

Mengaku Bicara dengan PM Modi Tentang Sengketa Batas India-China, Trump Bohong?

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia