logo


Risma Marah Mobil PCR Dibawa ke Daerah Lain, BPBD Jatim Berikan Penjelasan Ini

Mobil PCR bantuan BNPB tidak hanya untuk Surabaya namun untuk Jawa Timur

29 Mei 2020 22:36 WIB

Walikota Surabaya Tri Rismaharini.
Walikota Surabaya Tri Rismaharini. Istimewa

SURABAYA, JITUNEWS.COM- Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini marah-marah karena mobil PCR bantuan BNPB di bawa ke daerah lainnya di Jawa Timur. Risma mengklaim bahwa mobil PCR tersebut untuk Surabaya.

Menanggapi hal tersebut, Kalaksa BPBD Jatim, Suban Wahyudiono mengatakan bahwa mobil PCR tersebut ditujukan untuk Provinsi Jawa Timur sehingga penggunaannya dilakukan secara bergantian.

"Bantuan mobil ini untuk Provinsi Jatim. Kami jelaskan kronologisnya. Awalnya Gugus Tugas Provinsi Jatim bersurat tanggal 11 Mei 2020 kepada Gugus Tugas Nasional. Permohonan kami berupa permintaan dukungan percepatan penanganan diagnosi Covid-19. Kita mengajukan lab PCR sebanyak 15 unit," kata Suban di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (29/5/2020).


65 Persen Covid-19 Ada di Jatim, Gugus Tugas: Hati-hati Surabaya Bisa Jadi Wuhan

"300 sampel itu dikerjakan di Surabaya tanggal 27 Mei. Tanggal 28 mobil diarahkan ke Sidoarjo dan Lamongan. Karena disana bayak  yang harus di swab dan di lab. Juga kala kita mencermati, saya juga disurati Wali Kota Surabaya untuk meminta bantuan mobil ini tanggal 22 Mei. Padahal mobil ini datang tanggal 27 Mei. Jadi surat ini belum kita jawab karena langsung mobil beroperasi," jelasnya.

Suban kembali menegaskan bahwa mobil PCR tersebut tidak hanya untuk Surabaya saja, namun juga untuk daerah lain di Jawa Timur. Pasalnya, pada surat BNPB tertera nama Lumajang dan Sidoarjo sehingga penggunaannya dilakukan secara bergantian.

Tak Terima Mobil PCR Dibawa Ke Daerah Lain, Risma: Kalau Mau Boikot Jangan Gitu Caranya!

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati