logo


Mentan Pusing Karena Masalah Penarikan Traktor

Perlu kami jelaskan, itu bukan penarikan karena alokasinya untuk kabupaten lainnya.

6 April 2015 08:14 WIB

Menteri Pertanian Amran Sulaiman
Menteri Pertanian Amran Sulaiman

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Gara-gara heboh penarikan traktor di Kabupaten Ponorogo Jawa Timur, Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengaku pusing. Soalnya akibat peristiwa itu dia harus menjelaskan perkara sebenarnya ke Komisi IV DPR.

"Perlu kami jelaskan, itu bukan penarikan karena alokasinya untuk kabupaten lainnya. Jadi sebagian traktor diangkut lagi untuk dibagikan ke daerah lain, bahkan perwakilan kelompok tani juga ikut hadir," katanya, akhir pekan lalu di Jakarta.

Menurutnya, penarikan traktor itu sama sekali tidak ada. Bahkan dia juga sudah mengklarifikasikannya kepada Presiden Jokowi. "Yang dikumpulkan di Ponorogo itu bukan hanya untuk Ponorog saja, tapi juga untuk kabupaten lain," kata Jokowi usai acara panen raya di Indramayu, Jabar, Rabu, (18/3).


Akibatkan Kerugian Besar, Bupati Bekasi Dukung Mentan Pidanakan Pelaku Disfungsi Lahan Pertanian

Presiden menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan berbeda dengan sistem yang sebelumnya yang hanya diberikan secara simbolis.

"Kalau dulu memang simbolis lima diserahkan dan yang 1.300 ke mana, kalau sekarang dikumpulkan satu tempat dan dinaikkan lagi ke truk untuk didistribusikan ke kabupaten-kabupaten," tuturnya menjelaskan.

Hingga saat ini pemerintah telah membagikan 30.000 unit traktor dari jumlah total 60.000 yang akan dibagikan, dan akan dilakukan perubahan pada sistem pembagiannya untuk menghindari kesalahpahaman di kalangan petani.

 

Kementan: Pupuk 2020 Cukup

Halaman: 
Penulis : Ali Hamid