logo


Masa Pandemi Covid-19, Deretan Bisnis Ini Bisa Kamu Coba!

Penurunan aktivitas perekonomian akibat Covid-19 membuat masyarakat harus cermat melihat peluang untuk bertahan hidup.

29 Mei 2020 10:42 WIB

ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Pandemi Covid-19 mengakibatkan aktivitas perekonomian masyarakat menurun. Pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) membuat masyarakat harus banyak berdiam diri di rumah.

Tak sedikit perusahaan yang merumahkan pegawainya untuk menekan biaya operasional di tengah kondisi saat ini.

Meski begitu, pandemi corona tidak sepenuhnya memberikan dampak negatif, melainkan ada dampak positif seperti halnya peluang membangun usaha kecil-kecilan.


Jokowi Buka Pariwisata saat New Normal, Denny Siregar: Berani Ambil Risiko dan Tidak Cengeng

Pengamat Bisnis, Rhenald Kasali menilai terdapat sejumlah potensi peluang bisnis yang bisa dilirik masyarakat. Ia mengatakan, modal untuk menjalankan usaha ini sangat kecil lantaran tipsnya tersedia banyak di kanal Youtube.

"Semua orang sekarang prioritasnya adalah survive, modal yang paling utama adalah dari dapur sendiri, dari kebun sendiri, bisa juga dari YouTube," kata Rhenald, dilansir dari detikcom, Jumat (29/5).

Rhenald menambahkan, produk seperti bahan makanan maupun makanan jadi bisa juga dijadikan opsi. Pangsa pasarnya bisa para tetangga atau teman yang dapat dijangkau via WhatsApp.

"Jadi nggak perlu website, dan nggak perlu alat pembayaran, umumkan saja bisnis di WhatsApp group," ujar dia.

Lebih lanjut, Rhenald menyarankan bisnis yang berkaitan dengan kebutuhan di sektor kesehatan, mulai dari masker, alat pelindung diri (APD), dan hand sanitizer.

Selain itu, pemanfaatan halaman rumah untuk bercocok tanam bisa jadi alternatif. Di sisi lain mengusir rasa bosan akibat kebanyakan WFH, hasil penjualan tanaman seperti sayur-sayuran dapat menambah pundi tabungan.

Rhenald mengimbuhkan lagi, para tukang pangkas rambut juga bisa memaksimalkan peluang dengan cara menjemput bola atau mendatangi rumah pelanggannya.

"Karena WFH sudah lama, sekarang rambut sudah pada tebal, dan semua tukang potong rambut, mereka bisa datang, dan ketika mulai mereka pakai masker dan semua alat sudah disteril," jelasnya.

Imbas Covid-19, Satwa Obyek Wisata Cipadung Rajagaluh Terancam Mati Kelaparan

Halaman: 
Penulis : Iskandar