logo


Era Normal Baru, Jokowi: Preferensi Liburan Akan Bergeser ke Virtual

Jokowi mengingatkan pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif agar siap mengantisipasi perubahan tren ini.

28 Mei 2020 12:29 WIB

Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Senin (30/9).
Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Senin (30/9). Dok. Biro Pers Istana

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa alternatif liburan bagi para turis akan berganti seiring dengan era new normal atau normal baru.

Penyataan itu dilontarkan Jokowi saat memimpin rapat terbatas yang membahas soal tatanan normal baru di sektor pariwisata yang produktif dan aman Covid-19 di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Saya ingin mengingatkan pandemi Covid akan membuka perubahan tentang tren pariwisata di dunia. Di mana isu health, hygine, serta safety dan security akan menjadi pertimbangan utama bagi wisatawan yang ingin melancong," kata Jokowi, Kamis (28/5).


Diminta Reshuffle Kabinet, Begini Tanggapan Istana

"Preferensi liburan akan bergeser ke alternatif yang tidak banyak orang seperti solo travel tour, wellness tour, termasuk di dalamnya virtual tourism dan staycation," lanjutnya.

Dalam situasi saat ini, Jokowi mengingatkan para pelaku industri pariwisata maupun ekonomi kreatif harus dapat beradaptasi.

"Pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif harus betul mengantisipasi perubahan tren ini dan kita harus betul-betul bisa mencium perubahan ke arah mana," ujar dia.

Mantan Wali Kota Solo itu meminta jajarannya untuk membuat inovasi demi membangkitkan kembali sektor pariwisata dalam negeri di era normal baru.

"Sehabis pandemi ini kita harus melakukan inovasi, melakukan perbaikan sehingga cepat beradaptasi dengan perubahan tren yang kemungkinan besar nanti akan terjadi di dunia pariwisata global," tukasnya.

PA 212 Ancam Pembangkangan Massal, Denny Siregar: Ngajak Ribut Mulu, Mungkin Kurang Belaian

Halaman: 
Penulis : Iskandar
 
×
×