logo


Trump Isyaratkan Bakal Hentikan Kesepakatan Fase I dengan China, Perang Dagang Lagi?

Meningkatnya tensi yang terjadi dalam hubungan AS dan China belakangan ini menjadi faktor utama Trump untuk menggagalkan kesepakatan dagang fase I

27 Mei 2020 11:36 WIB

berita internasional

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Presiden AS, Donald Trump sekali lagi mengisyaratkan keinginannya untuk menghentikan kesepakatan dagang tahap pertama dengan China seiring meningkatnya ketegangan hubungan diantara kedua negara.

"Tidak ada seorang pun yang kini berusia 50 tahun, yang terhadap China bersikap lebih lemah daripada Joe Biden yang mengantuk," cuitnya pada Senin (25/5), sekaligus menyerang lawan politiknya sekaligus kandidat presiden dari partai Demokrat AS, dikutip dari scmp pada Rabu (27/5).

Cuitan Trump tersebut menjadi sebuah indikasi bahwa fase I kesepakatan dagang diambang kegagalan, menyusul adanya tekanan yang meningkat dari Washington untuk menjatuhkan sanksi atas China akibat kegagalan mereka meredam wabah Covid-19.


Kepada China, Trump Peringatkan Ia akan Ambil Tindakan atas Situasi Krisis Hong Kong

Pemerintah AS juga menuding ketegangan hubungan kedua negara kian memburuk menyusul China mengumumkan sebuah Undang-undang Keamanan Nasional untuk Hong Kong, yang menjadi upaya China untuk meningkatkan kontrol politik mereka terhadap Hong Kong, yang jelas akan mengganggu otonomi Hong Kong.

Dua pekan sebelumnya, Trump juga menolak untuk melakukan negosiasi ulang terkait kesepakatan dagang tersebut. Ia menuding pihak China hanya ingin mengambil keuntungan untuk pihaknya sendiri.

Indikasi gagalnya kesepakatan dagang fase I tersebut bermula pada awal Mei ini saat Trump mengeluarkan peringatan untuk pertama kalinya bahwa ia berniat untuk mengakhiri kesepakatan jika China gagal memenuhi janjinya untuk membeli barang dan jasa AS yang bernilai USD 200 Miliar.

Pakar Kesehatan China Terkejut Usai Lihat Jumlah Kematian Akibat Covid-19 di AS

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia