logo


Tips Jitu Budidaya Bunga Air Mata Pengantin

Tanaman yang berasal dari Meksiko dan tumbuh di banyak negara, salah satunya Indonesia ini sering ditemukan sebagai tanaman hias pergola.

26 Mei 2020 12:23 WIB

Bunga air mata pengantin (Antigonon leptopus)
Bunga air mata pengantin (Antigonon leptopus) Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Bunga air mata pengantin (Antigonon leptopus) merupakan tanaman berbentuk perdu yang bisa mencapai 15 meter dan mampu berbunga sepanjang tahun.

Tanaman yang berasal dari Meksiko dan tumbuh di banyak negara, salah satunya Indonesia ini sering ditemukan sebagai tanaman hias pergola.

Menanam bunga air mata pengantin cukup mudah. Bunga yang memiliki dua warna, yaitu warna putih dan warna merah muda ini dapat diperbanyak dengan biji, stek batang maupun cangkok.


Menanam Buah di Pekarangan Sempit, Tabulampot Solusinya

Bibit tanaman bunga air mata pengantin juga banyak tersedia di toko online, sehingga anda dapat membelinya apabila ingin menanam bunga ini di pekarangan rumah.

Langkah yang harus dilakukan sebelum menanam bunga air mata pengantin yaitu mempersiapkan lubang tanam pada tanah sedalam 50 cm.

Lubang tersebut diisi dengan pupuk dasar yang telah dibuat hingga setengah penuh, kemudian tutup lubang dengan tanah dan siram dengan air agar komposnya lebih mudah terurai.

Tanam bunga air mata pengantin tepat di tengah lubang. Tancapkan rambatan agar tanaman bunga air mata pengantin lebih rapi dan sedap dipandang.

Lakukan perawatan tanaman dengan melakukan penyiraman secara teratur sehari sekali.

Penyiangan lahan dilakukan secara teratur dan berkala agar pertumbuhan gulma sulit untuk berkembang. Penyiangan dapat dikakukann sebanyak 1 kali dalam sebulan.

Pemupukan dikakukan tiga bulan sekali. Berilah pupuk tambahan untuk merangsang pertumbuhan pada bunga, selain memberikan pupuk dasar yang telah dibuat.

Tip Sukses Membuahkan Srikaya Jumbo

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar