logo


Hati-hati! Ini Bahaya Konsumsi Santan Berlebih

Buat Kawan Jitu yang hobi makan mengandung santan, hati-hati ya

24 Mei 2020 09:45 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Setiap lebaran, opor ayam merupakan makanan yang kerap dihidangkan. Makan dengan lontong atau ketupat bisa membuat kita menambah porsi makan.

Nah, buat Kawan Jitu yang hobi makan mengandung santan, hati-hati ya. Berlebihan konsumsi santan ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Apa saja?


Hati-hati! Ini Tanda Paru-parumu Bermasalah

1. Tekanan darah tinggi

Masalah pertama yang muncul akibat banyak konsumsi santan adalah tekanan darah tinggi. Santan bisa memicu peningkatan kadar trgliserida, yakni salah satu jenis lemak yang berguna sebagai cadangan energi tubuh. Hal ini bisa berdampak pada penyumbatan arteri serta pembuluh darah.

2. Gangguan jantung

Gangguan jantung juga bisa terjadi akibat santan dimasak dalam suhu tinggi dan berulang. Hal ini bisa memicu penumpukan lemak jahat dalam santan. Kondisi ini bisa memicu terjadinya gangguan jantung.

3. Stroke ringan

Stroke ringan terjadi akibat pengendapan lemak jahat dalam tubuh, sehimngga dapat menyumbat aliran darah dan pembuluh arteri. Kondisi ini bisa menyebabkan stroke ringan jika tidak diimbangi dengan konsumsi mineral dan cairan yang cukup.

4. Asam lambung meningkat

Mengonsumsi santan dalam keadaan perut kosong bisa meningkatkan asam lambung. Cairan ini bisa menyulitkan lambung untuk mencerna makana lain sehingga bisa mengakibatkan nyeri pada lambung.

5. Kolesterol meningkat

Kolesterol bisa meningkat akibat penumpukan lemak jenuh pada tubuh. Lebih baik jangan konsumsi santan secara berlebihan ya.

 

Virus Covid-19 Kemungkinan Tak Akan Pernah Hilang dari Bumi

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata
 
×
×