logo


Angkatan Laut AS Uji Coba Senjata Laser yang Mampu Hancurkan Pesawat di Udara

Sebuah gambar dan video yang dirilis oleh militer AS tersebut menunjukkan bahwa sebuah kapal perang USS Portland tengah mengeksekusi penerapan penggunaan lasen bertenaga tinggi dalam mengantisipasi dan menjatuhkan pesawat drone

23 Mei 2020 16:00 WIB

Angkatan Laut AS saat melakukan uji coba senjata laser
Angkatan Laut AS saat melakukan uji coba senjata laser cnn

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kapal perang Amerika Serikat dikabarkan telah sukses melakukan uji coba senjata laser terbaru mereka yang dapat menghancurkan sebuah pesawat di udara. Hal tersebut disampaikan oleh Petinggi Angkatan Laut AS kawasan Pasifik pada Jumat (22/5).

Sebuah gambar dan video yang dirilis oleh militer AS tersebut menunjukkan bahwa sebuah kapal perang USS Portland tengah mengeksekusi penerapan penggunaan lasen bertenaga tinggi dalam mengantisipasi dan menjatuhkan pesawat drone.

Dalam gambar yang ditampilkan, laser ditembakkan dari atas dek kapal yang diarahkan pada sebuah pesawat drone. Tak berapa lama, pesawat tanpa awak tesebut kemudian terbakar.


Jumlah Kasus Covid-19 di Afrika Meningkat, Amerika Latin Kini Jadi Episentrum Baru

Kendati demikian, pihak Angkatan Laut AS sejauh ini masih merahasiakan lokasi uji coba tersebut. Mereka hanya menyebut uji coba tersebut digelar di Samudra Pasifik pada 16 Mei 2020.

Mereka juga tidak menyebutkan detail kekuatan senjata tersebut. Namun, menurut sebuah laporan Kajian Strategi Insitut Internasional pada 2018 silam, dikatakan bahwa senjata yang digunakan oleh angkatan laut AS tersebut adalah sebuah senjata laser yang memiliki daya hingga 150 kilowatt.

"Dengan kemampuan terbaru dan paling mutakhir ini, kami memperbarui definisi perang di perairan untuk Angkatan Laut," ujar Kapten Karrey Sanders, salah satu komandan Angkatan Laut AS yang bertugas di Portland dalam pernyataan tertulisnya, dilansir dari CNN Internasional pada Sabtu (23/5).

Brazil Kini Jadi Negara Kedua dengan Jumlah Kasus Covid-19 Terbanyak di Dunia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia