logo


Cegah Paparan Covid-19, Pertamina Salurkan Swab Chamber Karya Anak Bangsa ke RS di Bandung

Swab Chamber berfungsi memisahkan pasien dan tenaga kesehatan dalam pengambilan swab

22 Mei 2020 18:49 WIB

Pertamina salurkan swab chamber karya anak bangsa ke RS rujukan Covid-19 di Bandung Raya
Pertamina salurkan swab chamber karya anak bangsa ke RS rujukan Covid-19 di Bandung Raya Pertamina MOR III

BANDUNG, JITUNEWS.COM- Sebagai upaya untuk terus mendukung kelancaran kerja serta melindungi kesehatan tenaga medis selama menangani pasien Covid-19, PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region III bekerjasama dengan Fakultas Teknik Mesin dan Digantara ITB, Fakultas Kedokteran Unpad, serta Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jawa Barat memberikan bantuan 5 unit swab chamber.

Produk hasil karya anak bangsa tersebut disalurkan untuk 3 rumah sakit rujukan Covid-19 di wilayah Bandung Raya.

Swab chamber berfungsi memisahkan kontak antara pasien dengan tenaga kesehatan dalam proses pengambilan sampel swab atau PCR (Polymerase Chain Reaction).


Menilik Pengaplikasian Teknologi 3D Printing dalam Menghadapi Pandemi Covid-19

Dengan swab chamber, tenaga medis yang akan mengambil sampel droplet, tidak bertatap muka secara langsung dengan pasien sehingga kecil kemungkinan terpapar penyebaran virus.

Saat digunakan, pasien akan berdiri di hadapan swab chamber sedangkan petugas medis di dalam kotak swab chamber.

Swab chamber menciptakan ruangan yang bertekanan positif menggunakan hepafilter yang membuat ruangan tetap steril sehingga tidak akan terjadi transmisi lokal.

Unit Manager Communication, Relations & CSR MOR III Dewi Sri Utami mengatakan, swab chamber karya anak bangsa tersebut merupakan karya kolaborasi antara ITB, Unpad, dan IDI yang didukung pembiayaannya oleh Pertamina.

Lahirnya peralatan tersebut, berangkat dari keprihatinan akan sejumlah kasus tenaga kesehatan yang akhirnya juga tertular Covid-19 saat sedang melaksanakan pekerjaannya.

“Kami sangat mendukung hasil karya anak bangsa yang berinovasi dalam upaya mencegah penularan virus Covid-19, khususnya para tenaga kesehatan yang berhubungan langsung dengan pasien. Semoga bantuan inovasi swab chamber ini dapat bermanfaat untuk para tenaga kesehatan selama menjalankan tugas mulia ini,” ujar Dewi.

Bantuan 5 unit swab chamber, diserahkan langsung oleh Sales Area Manager Retail Bandung Slyvia Grace Yuvenna, kepada Direktur Utama RSUP dr. Hasan Sadikin Bandung Nina Susana Dewi. RSUP Hasan Sadikin, merupakan rumah sakit rujukan utama Covid-19 di Jawa Barat.

“Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kepedulian dari Pertamina, ITB, Unpad, dan IDI terhadap para tenaga kesehatan,” ujar Nina saat menerima bantuan.

Selain RSUP dr. Hasan Sadikin, 5 unit swab chamber tersebut akan disalurkan ke rumah sakit rujukan Covid-19 lainnya di wilayah Bandung Raya, yaitu 1 unit di RS Paru Rotinsulu Kota Bandung dan 2 unit di RS Al-Ikhsan Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Ma'ruf Amin Minta Maaf ke Masyarakat Indonesia, Politikus Demokrat: Seluruh Dunia Kesulitan

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati